Breaking News:

Perigi Pekasem Tempat Pembuangan Mata-mata NICA yang Mulai Terabaikan

Tempat-tempat sejarah menjadi objek penting dalam kehidupan. Maka tak jarang tempat sejarah dijadikan cagar budaya.

BANGKAPOS.COM, - Tempat-tempat sejarah menjadi objek penting dalam kehidupan. Maka tak jarang tempat sejarah dijadikan cagar budaya.

Di Kota Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung ada cagar budaya Perigi Pekasem.

Perigi Pekasem adalah sebuah situs cagar budaya yang diregistrasikan sejak tahun 2006, terletak di Kelurahan Tua Tunu Indah, Kecamatan Gerunggang.

Perigi berarti sumur, sedangkan Pekasem berasal dari bahasa Bangka yang artinya diawetkan.

Untuk menuju situs sejarah ini cukup mudah, dengan jalanan yang mulus hanya dibutuhkan waktu 15 menit dari pusat Kota Pangkalpinang.

Setibanya ditempat tersebut, kita akan disambut sebuah plang yang menunjukkan bahwa objek ini sudah menjadi cagar budaya di depannya.

Menurut masyarakat sekitar kawasan Perigi Pekasem dulunya diberi pagar berwarna putih.

Namun sayang, pagar itu kini tak lagi berwarna putih melainkan berwarna hijau kehitaman lantaran bayak lumut yang menempel.

Saat memasuki pintu pagar, ada jalan setapak yang mengarah ke Perigi Pekasem. Sumur ini tak terlalu besar berdiameter 1,5 meter dan dikelilingi pembatas besi berwarna hijau.

Saat melongok ke dalamnya, sumur tampak dangkal berisi timbunan dedaunan, botol plastik hingga ranting kayu. Sumur kering tanpa terisi air bak tak lagi terawat.

Menurut sejarah dan Budayawan Bangka Belitung, Akhmad Elvian, Perigi Pekasem dahulu menjadi saksi bisu bukti perlawanan Tentara Rakyat Indonesia (TRI).

Sumur itu juga merupakan tempat untuk membuang mayat orang-orang yang terbunuh TRI, karena disangka menjadi mata-mata Belanda atau sekutu.

Total sebanyak lima orang yang diduga mata-mata dibuang kedalam sumur dengan kedalaman awal 10 meter tersebut.(Bangkapos/Cepi Marlianto)

Penulis: Magang1
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved