Breaking News:

Berita Sungailiat

Bupati Bangka Menguji Hafalan Al Quran Santri Ma'had Darul Quran Bangka Belitung    

Bupati Bangka, Mulkan menghadiri Wisuda Tahfidz Angkatan 2 dan melaunching Program Kencleng Dhuafa Mengaji di Rumah Tahfidz Ma'had Darul Quran

bangkapos.com
Bupati Bangka Mulkan menghadiri Wisuda Tahfidz Angkatan 2 dan melaunching program Kencleng Dhuafa Mengaji di Rumah Tahfidz Mahad Darul Quran Lingkungan Airpengabis Kelurahan Kudai Kecamatan Sungailiat, Minggu (02/05/2021). (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka, Mulkan menghadiri Wisuda Tahfidz Angkatan 2 dan melaunching Program Kencleng Dhuafa Mengaji di Rumah Tahfidz Ma'had Darul Quran Lingkungan Airpengabis Kelurahan Kudai Kecamatan Sungailiat, Minggu (2/5/2021).

Kegiatan ini dihadiri Ketua/Pimpinan Ma'had Darul Qur'an Bangka Belitung Ustadz Imam Santoso, Pembina Ma'had Darul Qur'an Bangka Belitung H, Hendra Yunus yang juga anggota DPRD Kabupaten Bangka, para Pejabat dan kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkab Bangka, Camat Sungailiat, Lurah Kuday dan Kades Karya Makmur, Kades Airuai, Ketua MUI Kecamatan Sungailiat, para orangtua santri dan tamu undangan lainnya.

Ketua/Pimpinan Ma'had Darul Quran Bangka Belitung,  Ustaz Imam Santoso mengatakan, jumlah santri yang diwisuda  Angkatan 2 ini sebanyak 8 orang santri, yang sudah hafal 1 juz hingga 3 juz.

"Ma'had Darul Quran ini didirikan Bulan Agustus 2020 lalu dan sudah mewisuda 2 angkatan, dan Alhamdulillah jumlah santri yang belajar saat ini ada 108 orang santri, saat ini santri paling banyak hafal 3 juz Al-Quran.  Mudah-mudahan ke depan ada yang bisa hafal 30 juz Al-Quran lahir dari Ma'had ini," kata Imam Santoso.

Ditambahkannya, ada beberapa program yang diajarkan di sini, yaitu Program Anak Quran Muslimah, Program Anak Muslim Cinta Al Quran membaca dan menghafal Al Quran, Program I'dat (program untuk anak yang mau melanjutkan ke pesantren).

"Kami juga mengajarkan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, fiqih, muhadhoroh, umpak, tahfizh dan tahsin Al Quran. Alhamdulillah walau kami baru beberapa bulan tapi sudah melakukan wisuda angkatan kedua, Insa Allah wisuda ini jadi tradisi yang akan dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun," ujar Imam Santoso.

Diharapkannya ke depan akan membuka SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu), SMPIT hingga SMAIT.

"Mohon dukungannya semoga rencana ini bisa diwujudkan karena itu perlu dukungan dari semua pihak, saat ini bangunan yang ada adalah jadi dulu yang penting program ini bisa berjalan, semoga ke depan kita bisa memiliki bangunan yang lebih baik dan lahan yang lebih luas lagi, semoga diberikan kemudahan dari Allah SWT," harap Imam Santoso.

Iman Santoso juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangka yang akan membantu membangun Ma'had Darul Quran, mengalokasikan dana sebesar Rp300 juta.

"Selain itu jalan menuju ke Ma'had Darul Qur'an saat ini sudah diperbaiki dan ditembok tanah puru, sebelumnya jalan menuju kesini jelek dan licin, ada beberapa guru pengajar disini pernah terjatuh dan saya sendiri pernah jatuh masuk bandar hingga basah, tapi Alhamdulillah saat ini jalan menuju ke sini menjadi lebih baik semoga ke depannya bisa diaspal," kata Imam Santoso.

Sementara itu Bupati Bangka Mulkan mengatakan atas nama Pemkab Bangka  mengucapkan terima kasih seiring berdirinya Ma'had Darul Qur'an di Kabupaten Bangka.

"Alhamdulillah Ma'had Darul Qur'an ini juga dibina anggota DPRD Bangka, H Hendra Yunus yang merupakan sahabat saya sejak lama, dulu sama-sama masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Bangka hingga saat ini, karena itu jalan masuk menuju ke sini juga berkat bantuan anggota DPRD Kabupaten Bangka juga, yang sudah bersinergi menyambung aspirasi masyarakat," kata Mulkan.

Ditambahkannya,  keberadaan pondok pesantren ini diharapkan bisa melahirkan generasi muda Qurani, karena hanya anak ibadah, amal kebaikan yang bisa dibawa ke alam akhirat nantinya.

"Karena itulah anak-anak dan generasi muda ini perlu dibekali berbagai ilmu agama dengan baik sebagai bekal hidup bagi  semuanya," ujar Mulkan.

Bupati Bangka Mulkan selain menyematkan kalung selempang wisuda juga sempat mengetes atau  menguji kemampuan hafalan Al Quran santri. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved