Breaking News:

Masjid Soeprapto Soeparno, Masjid Pertama di Bangka Belitung yang Dikunjungi Jokowi

Masjid Jami Soeprapto Soeparno terletak di Jalan Soekarno Hatta, Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Penulis: Magang1 | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Masjid Jami Soeprapto Soeparno terletak di Jalan Soekarno Hatta, Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Masjid Jami Soeprapto Soeparno terletak di Jalan Soekarno Hatta, Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Masjid ini mengambil posisi strategis tepat di pinggir jalan raya yang menguhubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah.

Pembangunan Masjid Soeprapto Soeparno pertama kali dimulai pada tahun 1979 diatas tanah seluas 1.405 meter persegi dan selesai sembilan tahun setelahnya.

Masjid Soeprapto Soeparno dulunya berukuran kecil, karena tidak mampu menampung banyaknya jemaah kemudian dilakukan renovasi pada tahun 2019 dan selesai pada tahun 2021.

Alhasil, kini masjid dua tingkat ini mampu menampung hingga 1000 jemaah.

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, yakni satu kubah berukuran besar berada di tengah-tengah bangunan.

Kubah ini juga berbeda dari kubah masjid pada umumnya, yang mana dibagian atasnya datar dan terdapat sebuah bangunan menyerupai kabah dengan empat pintu.

Disamping itu, masjid ini juga memiliki satu menara yang berdiri kokoh di sisi kanan masjid.

Secara keseluruhan arsitektural bangunan masjid menanamkan prinsip modern yang terlihat tidak rumit namun elegan dengan balutan warna putih dan kuning emas dibagian dalamnya.

Ornamen interor masjid juga tak kalah memanjakan mata jemaah, dengan memiliki ciri khas tersendiri. Seperti adanya 10 pintu menyerupai mihrab dibagian sisi kanan dan kiri masjid serta tepat ditengah merupakan mihrab utama masjid.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved