Breaking News:

Salah Satunya Matahari Tepat di Atas Kabah, Inilah 13 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2021

bulan Mei 2021, ada sejumlah fenomena yang akan menghiasi langit Indonesia dan bisa dijadikan alternatif hiburan selama liburan di rumah saja

tecake.in
Ilustrasi Hujan meteor 

BANGKAPOS.COM-Mengawali bulan Mei 2021, ada sejumlah fenomena yang akan menghiasi langit Indonesia dan bisa dijadikan alternatif hiburan selama liburan di rumah saja.

Dari puncak hujan meteor Eta Aquarids, konjungsi bulan, hingga fenomena langit gerhana bulan.

Berikut beberapa fenomena langit Mei 2021 yang bisa Anda catat jadwal lengkapnya.

1. Tripel Konjungsi Bulan, Jupiter, Saturnus: 3-6 Mei 2021

Berdasarkan keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bulan akan mengalami konjungsi tripel dengan Jupiter dan Saturnus selama empat hari berturut-turut.

Fenomena ini akan terjadi sejak tanggal 3 hingga 6 Mei mendatang, sejak pukul 2.00 waktu setempat hingga berakhirnya fajar bahari atau 20-24 menit sebelum terbit Matahari dari arah Timur-Tenggara.

2. Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids: 6 Mei 2021

Menyusul fenomena tripel konjungsi antara Bulan, Jupiter dan Saturnus, maka pada hari terakhir peristiwa tersebut di langit Indonesia juga akan hadir fenomena hujan meteor Eta Aquarid.

Fenomena langit, hujan meteor Eta Aquarids ini sudah aktif sejak 19 April hingga 28 Mei 2021 mendatang.

Akan tetapi, peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan puncak hujan meteor yang satu ini akan terjadi pada tanggal 6 Mei yaitu pada pukul 09.00 WIB, 10.00 WITA dan 11.00 WIT.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved