Breaking News:

Alami Bau Mulut Saat Berpuasa? Yuk Simak Lima Tips Cara Mengatasinya

Saat berpuasa bau mulut menjadi salah satu hal yang sering menjadi perhatian. Kondisi ini dipicu oleh kondisi rongga mulut yang kering.

Istimewa
dr Hasri Nopianto, Dokter Umum yang pernah bekerja di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang yang sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Universitas Brawijaya. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Saat berpuasa bau mulut menjadi salah satu hal yang sering menjadi perhatian. Kondisi ini dipicu oleh kondisi rongga mulut yang kering.

dr Hasri Nopianto, Dokter Umum yang pernah bekerja di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang yang sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Universitas Brawijaya mengatakan mulut kering disebabkan oleh produksi air liur yang berkurang karena tidak adanya makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut selama berpuasa.

"Air liur berperan penting untuk membersihkan sisa makanan dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut," ujar dr Hasri, Senin (3/5/2021).

“Berkurangnya air liur membuat bakteri di rongga mulut berkembang biak lebih cepat sehingga bakteri akan banyak menghasilkan gas yang menimbulkan bau tidak sedap dan memicu bau mulut.”

Ilustrasi
Ilustrasi (http://cdn-2.tstatic.net)

Selama berpuasa, ada 5 hal ini dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya bau mulut meliputi:

1. Membersihkan gigi dan mulut secara rutin.

Menyikat gigi 2 kali sehari secara teratur, setelah sahur dan sesudah berbuka puasa atau sebelum tidur. Bisa berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol

2. Perbanyak konsumsi air putih

Minum air putih yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut, disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Selama berpuasa, air putih bisa diminum 2 gelas saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air pada malam hari sebelum tidur

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved