Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berkat Binaan PT Timah, Tuperia Bisa Miliki Rumah Produksi Ampiang Telur Cumi

Setelah mendapatkan pelatihan pengolahan hasil laut, membuat dirinya terinspirasi untuk mencoba membuat ampiang telur cumi.

Istimewa
Tuperia, Mitra binaan PT Timah Tbk. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tuperia sudah mulai memproduksi ampiang telur cumi sejak tahun 2018.

Usahanya terus berkembang dan mampu mempekerjakan empat orang untuk memproduksi ampiang telur cumi dengan brand ‘Ampiang Telur Cumi Poklahsar BELANAK’ yang diproduksi di Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah.

Ia mengatakan, sebelumnya dirinya hanya membuka toko kelontong. Namun, setelah mendapatkan pelatihan pengolahan hasil laut, membuat dirinya terinspirasi untuk mencoba membuat ampiang telur cumi.

Jika biasanya, orang hanya membuat ampiang cumi, dirinya berinovasi membuat ampiang dengan bahan dasar telur cumi.

“Setelah pelatihan itu, akhirnya saya berpikir untuk buat ampiang telur cumi ini, karena kan Batu Belubang ini banyak potensi kekayaan laut. Kalau lagi musim juga banyak cumi. Makanya saya mau buat ampiang telur cumi, karena kalau cumi kan sudah banyak,” katanya belum lama ini.

Menurutnya, untuk membuat ampiang telur cumi ini susah-susah gampang, belum lagi kadang bahan baku agak kesulitan kalau enggak musim. Dirinya, bahkan harus memasok telur cumi dari Pulau Belitung. Padahal permintaan terhadap ampiang telur cumi cukup banyak.

Ia menceritakan, dalam mengembangkan usahanya dirinya sempat terkendala di modal untuk meningkatkan produksi.

Namun, mendapatkan informasi dari rekannya bahwa PT Timah bisa memberikan biaya permodalan, dirinya mencoba menjadi mitra binaan PT Timah.

“Dulu waktu awal saya pakai alat seadanya, produksinya juga seadanya. Karena kan terbatas dengan modal yang penting bisa jalan dulu.”

“Tapi setelah banyak permintaan saya agak bingung, karena saya kan harus beli bahan baku. Tapi akhirnya, setelah tau ada dana kemitraan mitra PT Timah saya coba ikut,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved