Breaking News:

Idul Fitri 2021

Bolehkah Kumpul-kumpul Saat Lebaran, Ustaz Hanan Attaki Jelaskan Makna Silaturahmi Idul Fitri

Bolehkah Kumpul-kumpul Saat Lebaran, Ustaz Hanan Attaki Jelaskan Makna Silaturahmi Idul Fitri di Masa Pandemi

Penulis: Magang4 | Editor: Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM-Aturan larangan mudik ini tertulis dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Hal ini dilakukan agar mengurangi mobilitas masyarakat saat lebaran agar penyebaran virus corona bisa di hindari.  

Lantaran ditiadakannya mudik, silaturahmi Idul Fitri nanti akan dipastikan dilakukan secara virtual.

Dalam video yang diupload di kanal youtube detikcom berjudul 'Menyambung Silaturahmi Saat Pandemi oleh Ustaz Hanan Attaki'

Ustaz Hanan Attaki menyampaikan bagaimana hukum silaturahmi di saat pandemi, dimana kita tidak bisa bertemu dengan sanak keluarga. Ia juga menyampaikan makna dari silaturahmi itu apa.

"Sambunglah orang yang memutuskanmu, berikanlah bantuan pada orang yang kikir kepadamu, maafkanlah orang yang berbuat zalim kepadamu," demikian hadis Nabi Muhammad SAW yang disampaikan Ustaz Hanan

Ustaz Hanan Attaki menjelaskan makna dari silaturahim sering disalah artikan, banyak masyarakat mengartikan silaturahim dengan bertemu, berkumpul, makan-makan, dan lain-lain.

Padahal inti dari silaturahim adalah menyambung orang yang memutuskan kita diantara keluarga besar kita.

Sehingga sesuai dengan definisi silaturahmi sesuai hadis nabi, di tengah pandemi ini, kita tidak perlu bertemu untuk bersilaturahmi.

"Kalau kita memaknai silaturahmi seperti hadis nabi, maka ada banyak jalan menyambung silaturahim, salah satunya adalah memberi hadiah," jelas Ustaz Hanan Attaki.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved