Breaking News:

Otomotif

Bukan Hanya Lewat Mesin, Kenali Ciri Kerusakan Mobil Lewat Asap Knalpot

Maka dari itu, pemilik mobil dapat mengecek kesehatan mobil melalui warna asap yang dikeluarkan oleh mobil sebagai deteksi dini.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Radityo Herdianto
Ilustrasi. Kandungan Karbon Keluar dari Lubang Knalpot Saat Uji Emisi 

BANGKAPOS.COM - Untuk memahami kondisi mesin kendaraan tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada mesin saja.

Namun dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Knalpot merupakan saluran buang dari sebuah mesin kendaraan, sisa pembakaran yang dikeluarkan bisa menjadi indikasi sehat atau tidaknya mesin.

Maka dari itu, pemilik mobil dapat mengecek kesehatan mobil melalui warna asap yang dikeluarkan oleh mobil sebagai deteksi dini.

Hendrik, yang merupakan salah satu mekanik di bengkel Nasmoco Solo, Jawa Tengah membenarkan hal tersebut.

Menurutnya itu hanya bisa menjadi indikasi awal, untuk kelanjutan perbaikan bisa langsung dibawa ke bengkel resmi.

"Kalau ngebul itu tandanya sudah tidak sehat, kecuali pada saat dipanaskan pagi hari itu masih wajar. Yang tidak normal itu mengeluarkan asap terus menerus," kata Hendrik kepada Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Kondisi mobil yang normal seharusnya tidak mengeluarkan asap yang berlebihan. Asap yang dikeluarkan mobil dalam kondisi normal juga tidak berwarna pekat.

"Kalau asap yang keluar berwarna hitam pada mesin bensin, biasanya setelan mobil terlalu boros, ada pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya disertai dengan bau bensin mentah," kata Hendrik.

Sementara kalau asap yang keluar dari knalpot mobil berwarna putih ada kemungkinan oli bocor dan masuk ke ruang bakar sehingga menghasilkan asap pekat.

"Kalau warnanya putih biasanya ada kebocoran oli dan masuk ke ruang pembakaran. Bisa jadi ada komponen yang rusak seperti ring dan juga seal karet yang sudah aus," ucap Hendrik.

Dengan mengetahui kondisi mobil tidak normal dari asap knalpot yang dikeluarkan, maka pemilik mobil dapat langsung segera membawa ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri Kerusakan Mobil Lewat Asap Knalpot"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved