Breaking News:

Idul Fitri 2021

Jangan Lupa Tunaikan Zakat Fitrah, Segini Besarannya untuk Daerah Pangkalpinang dan Bangka

Jangan Lupa Tunaikan Zakat Fitrah, Segini Besarannya untuk Daerah Pangkalpinang dan Wilayah Pulau Bangka

Penulis: Magang4 | Editor: Teddy Malaka
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi warga membayar zakat fitrah. Waktu mengeluarkan atau memberikan zakat fitrah dibagi menjadi beberapa macam, berikut penjelasannya. 

BANGKAPOS.COM - Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkhan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, Zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (asnaf).

Dilansir dari babel.kemenag.go.id Kemenag bersama sejumlah ormas Islam, Baznas Kota, Kepala KUA, dan Pemerintah kota Pangkalpinang melaksanakan pertemuan membahas penetapan pembayaran Zakat Fitrah 1442 H/2021 M.

Tampak hadir Ketua MUI Kota Pangkalpinang, Kabag Kesra Setdako Pangkalpinang, Dinas Koperasi UMKM & Perdagangan Kota Pangkalpinang, Sekretaris MUI Prov.

Kep. Bangka Belitung, DMI Kota pangkalpinang, Baznas, Lazismu, NU Kepala KUA, Seluruh Kasi & Penyelenggara serta Kasubbag TU Kemenag Kota pangkalpinang.

Menyesuaikan dengan harga satuan jual berdasarkan pantauan Humas Kemenag Kota pangkalpinang, Kasi Dinas Koperasi, UMKM & Perdagangan menyatakan besaran zakat menyesuai harga beras yang sering digunakan masyarakat Pangkalpinang yaitu merk 118 TR dan RM dengan harga tertinggi Rp. 11.700 dan harga terendah Rp. 11.500. Sedangkan untuk harga emas di Gunung Kawi tercatat 1 mata emas seharga Rp. 315.000.

H. Abdul Rohim menyimpulkan “untuk tahun ini ditetapkan Zakat Fitrah berupa beras sebesar 2.5 Kg atau bila dikonversikan dengan nilai uang seharga Rp. 30.000/orang, kemudian untuk emas sudah mencapai haulnya sebesar 85 gram/ 267 mata dengan nilai uang sebesar Rp. 71.825.000, kemudian untuk fidyah sebesar Rp. 20.000/ hari yang ditinggalkan”, jelasnya.

Wilayah Bangka Barat dan Bangka Selatan

Sementara itu di ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf melaksanakan rapat koordinasi terkait penetapan nilai zakat fitrah, fidyah, zakat mal serta zakat profesi untuk wilayah kabupaten Bangka Selatan tahun 1442 H/2021 M pada hari Jum'at (23/04/2021).

Setelah diadakan pembahasan dengan mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut pembayaran zakat ini maka ditetapkanlah hasil keputusannya yaitu:

Zakat fitrah yang diuangkan menjadi sebesar Rp. 30.000/jiwa atau senilai Rp. 12.000 per kg. 

Baznas Kabupaten Bangka Barat pun telah melaksanakan rapat penentuan zakat fitrah, zakat maal dan Fidyah pada hari Senin 26 April 2021 di Kantor Baznas Lantai Dasar Masjid Baitul Ridho Muntok.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat H. Syarifudin,S.Ag, M.Pd.I, Kasi Bimas Islam Safrian Isbihani, S.Ag, Kepala KUA dan sejumlah unsur dari Pemkab Babar, serta Ormas Islam.

Rapat yang dipimpin oleh Kasi Bimas Islam Safrian Isbihani, S.Ag menetapkan hasil zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp. 31.250/jiwa sedangkan besaran Fidiyah (untuk 1 hari puasa yang ditinggalkan ) senilai Rp. 20.000 (Bangkapos.com/Nur Ramadhaningtyas/Mg4)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved