Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Peniadaan Isolasi Mandiri, Wabup Bangka Barat Sebut Miliki SOP Hingga Libatkan RT/RW

ubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman diketahui mengeluarkan kebijakan terkait peniadaan isolasi mandiri dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, 

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman diketahui mengeluarkan kebijakan terkait peniadaan isolasi mandiri dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, 

Terkait hal tersebut Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengungkapkan untuk Kabupaten Bangka Barat, memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penerapan karantina ataupun isolasi mandiri.

"Kita punya standar di Bangka Barat kita punya SOP sampai RT/RW kita memastikan tracking kita dapat data pasien covid-19. Untuk menyelesaikan itu dengan cara karantina mandiri atau karantina terpadu," kata Bong Ming Ming, Selasa (04/05/2021).

Mengenai isolasi mandiri pihak dinas kesehatan sebelumnya akan memastikan kelayakan rumah yang akan dijadikan sebagai tempat untuk isolasi mandiri.

"Kalau dia dibolehkan karantina mandiri, kita sudah punya SOP dia harus membuat perjanjian dengan kita pertama tidak boleh keluar, melaksanakan aktivitas diluar, rumah ditempel stiker sedang melakukan karantina mandiri," jelasnya.

Selain itu untuk tingkat pengawasan terhadap pasien yang menjalani isolasi mandiri, akan melibatkan unsur masyarakat seperti Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tagana hinga tim di tingkat Kecamatan dan Desa.

"Kita kasih suplai makanan tiga kali sehari, lalu juga ada pemberian token listrik dan alat-alat mandi kita suplai. Kita libatkan semua unsur, untuk melakukan pemantauan," kata Bong Ming Ming.

Untuk itu saat ini pihaknya berupaya untuk dapat memberikan, layanan laundry kepada para pasien yang melakukan isolasi mandiri.

"Lalu juga kita siapkan kantong plastik khusus untuk limbah karena ini juga bisa membahayakan, nanti sehari atau dua kali sekali dinas kesehatan akan turun. Bahkan tak hanya itu, kita sekarang juga berpikir untuk laundry mereka," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved