Breaking News:

Advertorial

Alumni Diajak Berpartisipasi pada Tracer Study IAIN SAS Bangka Belitung

Salah satu upaya IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung untuk menuju perguruan tinggi bereputasi adalah tersedianya data

Penulis: iklan bangkapos
Editor: khamelia
IAIN SAS Bangka Belitung
Tracer Study IAIN SAS Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM -- Salah satu upaya IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung untuk menuju perguruan tinggi bereputasi adalah tersedianya data dan dokumen pendukung.

Data diperoleh dari kegiatan tracer study, Selanjutnya data tersebut di analisis dan didokumentasikan. Tracer study merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi kualitas suatu institusi pendidikan tinggi. Tracer study dilakukan untuk mengetahui apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi yang baik dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr.Irawan, M.S.I mengungkap bahwa tracer study berimplikasi dalam pengelolaan pendidikan tinggi secara riil.

Ada beberapa variabel dan indikator yang dapat dijelaskan dalam tracer study, seperti kurikulum (apakah sesuai dengan perkembangan dunia kerja atau tidak), pengembangan kerjasama perguruan tinggi dengan dunai kerja sejak dini, kepuasaan pengguna lulusan, kepuasaan mahasiswa terhadap layanan akademik kampus, kata Irawan.

Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Akademik LPM Dinar Pratama, M.Pd., menjelaskan bahwa tujuan tracer study ini untuk mendapatkan gambaran tentang profil alumni ditinjau dari berbagai apsek seperti, waktu tunggu mendapatkan pekerjaan, kesesuaian bidang kerja, dan kepuasan mengenai kompetisi yg diperoleh dari prodi.

IAIN SAS Bangka Belitung akan berkomitmen untuk melakukan penelitian ini setiap tahunnya guna mendapatkan informasi dari alumni.

“Hasil Tracer Study akan dijadikan salah satu indikator, evaluasi, dan pertimbangan terkait pengembangan lembaga dan peningkatan mutu pendidikan,” ujar Dinar.

Selain itu, manfaat tracer study tidak hanya sebatas memberikan gambaran profil alumni saja, tetapi hasil tracer study dapat dimanfaatkan untuk bahan evaluasi peningkatan mutu lulusan, feed back atau masukan dari penggunaan lulusan.

Harapannya, semua alumni yang lulus di 2020 bisa berpartisipasi untuk mengisi kuesioner mulai dari tanggal 3 - 13 Mei 2021.

Begitu pentingnya kuesioner ini pada tracer study, Dinar berharap alumni dapat berpartisipasi mengisi keseluruhan butir pertanyaannya dengan sebenar-benarnya.

Kegiatan pelatihan persiapan terjun ke dunia kerja antara lain ditujukan kepada alumni yang belum bekerja.

"Kegiatan lainnya dapat dikemas oleh masing-masing Ikatan Alumni bersinergi bersama Program Studi, Fakultas, dan Institut untuk kemajuan bersama,” terangnya.

“Kuesioner dapat diisi secara online melalui https://forms.gle/BVAZ5agbC2nfSVgt7. kemudian hasil isian ini akan diolah menjadi prosentase dan grafik. Keseluruhan data privasi alumni dijamin kerahasiaannya,” tambah Dinar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved