Breaking News:

Ini Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah

Hampir semua orang silau akan kekayaan dunia. Kondisi tersebut terkadang membuat orang fokus mencari harta. 

Penulis: Magang1 | Editor: Teddy Malaka
The Peninsula Qatar
Ilustrasi Sedekah di hari jumat- Berikut ini 9 amalan sunah di hari jumat yang bisa dilakukan laki-laki dan perempuan. Ternyata nggak cuma baca Al Khafi saja lho, apa saja ya? 

BANGKAPOS.COM -- Hampir semua orang silau akan kekayaan dunia. 

Kondisi tersebut terkadang membuat orang fokus mencari harta. 

Kendaraan, rumah, dan tanah, dan tentu saja uang menjadi barang berharga yang kerap menjadi simbol banyaknya kekayaan seseorang.

Padahal, harta yang kita miliki tersebut ada sebagian hak milik orang lain.

Hal tesebut ada dalam ajaran Islam, maka dari itu kita diwajibkan untuk menyisihkan sebagian harta yang dimiliki.

Di antaranya adalah mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah. Dari ketiga amalan tersebut, hanya zakatlah yang memiliki hukum wajib untuk dilaksanakan. Sementara infak dan sedekah hukumnya sunah.

Zakat, Infak dan Sedekah itu berbeda. Meskipun berbeda, ketiganya wajib dikerjakan sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 195.

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya : "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (Q.S. Al-Baqarah 2:195).

Dalam kalimat “membelanjakan harta dijalan Allah”, istilah tersebut yaitu tiga ibadah yakni : zakat, infak, dan sedekah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved