Breaking News:

Berita Pangkalpinang

KPPN Pangkalpinang Cairkan THR Tahun 2021 Rp41,3 Miliar Untuk 11.242 Pegawai di Wilayah Bangka

KPPN Kota Pangkalpinang telah mencairkan dana THR 2021 sebesar Rp41,3 Miliar untuk 11.242 Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri dan Non-PNS.

Ist/Dok Humas KPPN/Puji
Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pangkalpinang Esti Dwi Arvina. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pangkalpinang telah mencairkan dana Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 sebesar Rp41,3 Miliar untuk  11.242 Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri dan Pegawai Non ASN  satuan kerja instansi vertikal di wilayah pulau Bangka sampai hari ini, Rabu (5/5/2021).

Dari jumlah tersebut, Rp37,6 miliar ditujukan bagi pembayaran Tunjangan Hari Raya untuk  9.865 Aparatur Sipil Negara dan TNI/Polri. Sedangkan sebagian lain sebesar Rp3,7 Miliar telah disalurkan untuk 1.377 Pegawai Non ASN.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Pangkalpinang Esti Dwi Arvina mengatakan, dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pemberian THR,  KPPN segera berkoordinasi dengan satuan kerja untuk koordinasi percepatan  pencairan THR tahun 2021.

Dan hasilnya mulai hari Kamis (29/4/2021) lalu, KPPN Pangkalpinang sudah dapat mencairkan Tunjangan Hari Raya tahun 2021 untuk beberapa satuan kerja yang telah menyampaikan SPM-nya.

"Memang ada beberapa hal yang disiapkan satuan kerja sebelum mengajukan SPM ke KPPN," Jelas Esti dalam rilis kepada Bangkapos.com, Rabu (5/5/2021).

“Untuk  mengajukan THR ke KPPN, satuan kerja terlebih dahulu melakukan update aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP)  dan Sistem Aplikasi Satker (SAS) versi terbaru terlebih dahulu dengan mengunduh pada tautan/link yang telah dibagikan oleh KPPN Pangkalpinang.”

“Updating aplikasi GPP dan Aplikasi SAS dilakukan agar pengajuan pencairan THR yang dilakukan melalui eSPM tidak terkendala.”

Esti mengatakan, besarnya komponen yang diberikan dalam THR tahun 2021  PNS, PPPK, Polri/TNI sebesar gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan serta tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Dan diberikan sebesar komponen untuk 1 (satu) bulan, setara dengan gaji yang dibayarkan pada bulan April tahun 2021.

Ia juga menuturkan, mekanisme THR 2021 ini sama dengan 2020. THR terdiri dari dari gaji pokok dan tunjangan lainnya (seperti tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan).

"Namun yang membedakan adalah tahun ini, THR diberikan untuk semua pegawai dimana pada tahun sebelumnya THR hanya diberikan untuk pegawai dan pejabat sampai dengan eselon III," bebernya.

Menurutnya,  Akselerasi pembayaran THR tahun 2021 ini berkat kerja sama antara pengelola keuangan satuan kerja dan KPPN. KPPN Pangkalpinang berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik.

"Dalam hal percepatan pembayaran THR tahun 2021, KPPN Pangkalpinang telah membuka layanan khusus penerimaan SPM pada hari Sabtu dan minggu tanggal 1 dan 2 Mei," ucapnya.

Esti berharal adanya dampak yang positif terkait percepatan pembayaran THR ini terutama untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Bangka.

"Percepatan Pencairan THR tahun 2021 diharapkan dapat membantu meningkatkan  konsumsi masyarakat di Pulau Bangka dan pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Pulau Bangka," tutur Esti.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved