Breaking News:

Berita Pangkalpinang

KPU Pangkalpinang Update Data DPB, Periode April 2021 Ada 138.126 Pemilih

Pada periode bulan April 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang mencatat data pemilih berkelanjutan (DPB) ada sebanyak 138.126 pemilih.

Istimewa
Anggota KPU kota Pangkalpinang Divisi Data dan Informasi, Margarita 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pada periode bulan April 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang mencatat data pemilih berkelanjutan (DPB) ada sebanyak 138.126 pemilih.

Data ini merupakan hasil dari rapat pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilaksanakan di kantor KPU kota Pangkalpinang pada awal bulan April 2021.

Pendataan ini dilakukan sesuai amanat UU Nomor 7 tahun 2017 yang mewajibkan KPU untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan.

Pleno ini dilakukan setiap bulan dengan mengundang stakeholder seperti Bawaslu kota Pangkalpinang, Dinas Dukcapil kota Pangkalpinang, partai politik di kota Pangkalpinang, kejaksaan, Polresta dan Kodim.

Namun, pada proses penetapan kali ini ada yang berbeda dari yang sebelumnya sesuai SE 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 KPU Kab/Kota melakukan rapat koordinasi setiap tiga bulan sekali dengan mengundang stakeholder terkait.

Namun kewajiban tiap bulan paling lambat tanggal 5 harus memberikan laporan hasil rekapitulasi kepada KPU Provinsi.

Adapun hasil rekapitulasi KPU Pangkalpinang ada sebanyak 138.126 pemilih tersebut, dengan rincian laki-laki sebanyak 68.652 pemilih dan perempuan sebanyak 69.474 pemilih yang  ditetapkan ke dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) pada periode April 2021 ini.

Data yang masuk berasal dari hasil kerjasama dengan pihak SMA, dari data tersebut terdapat 134 pemilih baru dengan rincian laki-laki 68 orang dan perempuan 66 orang.

"Memang proses DPB ini diharapkan dapat menjaring pemilih baru sebanyak mungkin, hal tersebut dilakukan untuk membantu dalam proses pemutakhiran  data pemilih ketika sudah masukan kedalam tahapan pemilu 2024 nanti," ujar Anggota KPU kota Pangkalpinang Divisi Data dan Informasi, Margarita kepada bangkapos.com, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut, ia menyebutkan setiap periodenya divisi data KPU Kota Pangkalpinang selalu menyajikan inovasi yang memudahkan masyarakat untuk menyampaikan informasi saat pindah domisili, meninggal dunia, dan pemilih baru.

Ada pun strategi divisi data KPU Kota Pangkalpinang saat ini untuk menjaring pemilih pemula bekerjasama dengan SMA, pihak kelurahan, dan stakeholder misalnya POLRI dan TNI.

"Selain itu juga KPU Kota Pangkalpinang menyiapkan aplikasi yang sementara masih digunakan secara offline, dan di dalam aplikasi tersebut terdapat form pengisian kontak handphone si pelapor yang nantinya akan digunakan sebagai notifikasi setelah pelapor mengisi form akan mendapat balasan melalui whatsApp," kata Margarita.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved