Breaking News:

Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Indonesia 2021

RAMADAN 1442 H menjadi bulan paling istimewa bagi Pemkab Bangka.  Setidaknya tiga penghargaan bergengsi diraih oleh Pemkab Bangka dalam bulan penuh be

Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Indonesia 2021 - peraih-daerah-terbaik-ppd-2021-dan-penghargaan-khusus.jpg
ist
Peraih Daerah Terbaik PPD 2021 dan Penghargaan Khusus
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Indonesia 2021 - kabupaten-tebaik-bangka-1.jpg
ist
Kabupaten Terbaik 1 Bangka
Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Indonesia 2021 - berbagai-kegiatan-bupati-bangka-mulkan-sh.jpg
ist
Berbagai Kegiatan Bupati Bangka, Mulkan SH

BANGKAPOS.COM - Ramadan 1442 H menjadi bulan paling istimewa bagi Pemkab Bangka.  Setidaknya tiga penghargaan bergengsi diraih oleh Pemkab Bangka dalam bulan penuh berkah ini.

Setelah mendapatkan Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Terbaik dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, kemudian diikuti Penghargaan Opini WTP untuk Pengelolaan Keuangan Daerah dari BPK dan puncak keistimewaannya adalah keberhasilan Pemkab Bangka meraih Penghargaan Pembangunan Daerah terbaik Indonesia, mengalahkan 416 kabupaten lainnya di Indonesia.

Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan penghargaan paling prestisius di Indonesia, hanya diberikan kepada tiga daerah terbaik yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik, capaian pembangunan terhebat dan inovasi pembangunan terkeren.

Karena tingkat prestisiusnya yang sangat tinggi, penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden RI pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (4/5/2021).

Pemenang Pertama adalah Pemkab Bangka, diikuti oleh Pemkab Banggai dan Pemkab Hulu Sungai Selatan. Bagi Pemkab Bangka, capaian ini merupakan perbaikan dari pencapaian tahun 2020 yang menempati peringkat tiga Indonesia.

Bupati Bangka, Mulkan, SH.MH menjelaskan keberhasilan ini karena kualitas perencanaan yang mumpuni sehingga mampu mengakselerasi seluruh pencapaian target makro dan inovasi pembangunan. Termasuk, betul-betul menerapkan collaborative government berbasis pentahelix dalam pembangunan.

“Keberhasilan ini sekaligus juga pembuktian pencapaian visi Bangka Setara yang kami canangkan sudah mendekati kenyataan. Secara relatif, kemenangan ini, Insya Allah sudah membawa kami setara dengan daerah-daerah terbaik di Indonesia,” jelas Mulkan.

Pihaknya mendedikasikan penghargaan ini, sekaligus ucapan terima kasih tak terhingga kepada seluruh stakeholders pembangunan yang berbasis pentahelix.

“Kami dedikasikan kepada seluruh komponen pemerintahan daerah, masyarakat, pelaku usaha, akademisi dan media massa,” ujarnya.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, SIP menyatakan pada tahun 2020, tahun dimana terjadi kontraksi perekonomian yang luar biasa di seluruh dunia akibat Covid 2019, perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Bangka justru relatif tetap mengalami perbaikan yang ditunjukkan dari  pelampauan seluruh target pembangunan utama tahun 2020. “Pertumbuhan Ekonomi hanya sedikit mengalami kontraksi, sementara indicator pembangunan lain seperti Tingkat Kemiskinan, Gini Rasio, Indeks Pembangunan Manusia hingga Indeks Pelayanan Publik, semuanya mengalami perbaikan, mengungguli capaian pembangunan daerah lain di Indonesia dan juga melampaui capaian pembangunan nasional,” jelas Syahbudin.

Halaman
12
Penulis: iklan bangkapos
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved