Breaking News:

Begini Hukum Membayar Zakat Fitrah Orangtua dan Suami Menurut Ustadz Abdul Somad

Bagaimana hukumnya jika seorang anak membayar zakat untuk orangtuanya dan seorang istri yang membayar zakat untuk suaminya?

Penulis: Magang2 | Editor: Ardhina Trisila Sakti
For serambinews.com
Ustaz Abdul Somad isi ceramah di Dayah Darul Ihsan, Abu Hasan Krueng Kalee, Gampong Siem, Darussalam, Aceh Besar, Rabu (3/4/2019). 

BANGKAPOS.COM - Membayar zakat merupakan kewajiban seseorang yang wajib dibayarkan secara rutin menjelang Hari Raya Idul fitri.

Baik dewasa maupun anak-anak, besar maupun kecil, laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, bahkan bayi yang lahir sebelum tanggal 1 Syawal atau sesaat sebelum matahari terbenam dihari terakhir bulan Ramadhan juga wajib mengeluarkannya.

Lantas bagaimana hukumnya jika seorang anak membayar zakat untuk orangtuanya dan seorang istri yang membayar zakat untuk suaminya.

Ada sebuah pertanyaan, apabila seorang anak yang sudah berumah tangga, sudah punya tanggungan anak dan istri, mempunyai kehidupan yang cukup sederhana, sedangkan kehidupan orangtuanya susah, apakah anak tersebut kategori wajib bayar zakat orangtuanya tersebut atau tidak? kalau wajib bagaimana sistem pembayarannya?

Menurut Ustadz Abdul somad (UAS) dalam ceramahnya di Youtube Kumpulan Dakwah, ia menyebutkan bahwa jika seorang anak memiliki ekonomi yang cukup mampu sedangkan orangtuanya tidak mampu, maka sang anak sangat dianjurkan untul membayar zakat fitrah kedua orangtuanya tersebut.

"Ini zakat fitrah emakku untuk tahun ini, tunai. Ini zakat fitrah ayahku untuk tahun ini, tunai, bayarkan ke fakir miskin" jelas UAS.

UAS menjelaskan bahwa pada hakikatnya seorang anak  sangat diperbolehlkan membayar zakat untuk kedua orangtuanya, tapi tidak memberi zakat ke mereka.

"Yah ini belanja Ayah bulan ini sekaligus zakat aku. Tidak bisa!" tegas UAS. 

Ia mengatakan bahwa tidak boleh memberikan nafkah untuk orang yang wajib kita nafkahi (anak, istri, mertua, orangtua).

Maka dari itu, zakat fitrah orangtua dibayarkan oleh sang anak dengan memberinya kepada fakir miskin.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved