Breaking News:

Berita Bangka Barat

Dua Penambang Ditangkap di Tahura Menumbing Akui Hasilnya Dikirim ke Orang Tua di Kampung

Ringga (33) kini hanya bisa terduduk diam dengan tangan terbogol di atas mobil, usai dirinya bersama Purwanto (40) ditangkap anggota Sat Pol PP

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Kedua penambang berhasil diamankan di saat melakukan kegiatan tambang di Tahura Menumbing, Kamis (06/05/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ringga (33) kini hanya bisa terduduk diam dengan tangan terbogol di atas mobil, usai dirinya bersama Purwanto (40) ditangkap anggota Sat Pol PP dan anggota PDAM akibat melakukan penambang secara ilegal.

Keduanya ditangkap setelah tujuh hari melakukan penambangan ilegal, di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Menumbing, Kabupaten Bangka Barat dengan barang bukti selang yang digunakan untuk melakukan kegiatan penambangan.

"Nambang disini sudah tujuh hari, pindah-pindah tapi ya di kawasan menumbing. Kalau sekitar lokasi juga ada penambang lain, gak kenal sama bapak itu tapi ada dua orang yang juga nambang," ungkap Ringga, Kamis (06/05/2021).

Diketahui dari lokasi diamankannya kedua penambang di Kampung Sinar Menumbing, Desa Air Belo, berjarak sekitar tujuh kilo meter dari lokasi tambang di Tahura Menumbing.

"Tujuh hari kemarin sehari bisa dapat 2,5 Kg sampai 3 Kg, kadang kalau bagus sehari bisa dapat Rp 150 ribuan," katanya.

Selain itu kedua penambang yang berasal dari Jawa Timur ini mengaku, hasil dari tambang inkonvensional diberikan kepada orang tua.

"Di Bangka sudah sekitar lima tahun, dari awal datang emang nambang TI Tahu ini dilarang hutan lindung tapi ini buat ngirim orang tua di kampung, karena gak bisa mudik juga hari ini," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui penangkapan berawal laporan Direktur PDAM Sejiran Setason, dimana kolong air baku Argo Tirto tercemar dan membuat kualitas air menjadi tidak baik. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy). 

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved