Breaking News:

Berita Sungailiat

Harga TBS Sawit Melambung, Permintaan Bibit Ikut Meningkat   

Niko (Buyung), pemilik sebuah usaha pembibitan kelapa sawit unggul di Kawasan Pantai Tikus Emas Sungailiat Bangka, mengaku

bangkapos.com
Usaha pembibitan kelapa sawit unggul milik Niko/Buyung di kawasan Pantai Tikus Emas Sungailiat. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Niko (Buyung), pemilik sebuah usaha pembibitan kelapa sawit unggul di Kawasan Pantai Tikus Emas Sungailiat Bangka, mengaku kewalahan memenuhi permintaan petani, soal bibit kelapa sawit.

"Saat ini usaha pembibitan ini baru melakukan pemindahan bibit sawit dari polibeg kecil ke polibeg besar sebanyak 27.000 batang bibit kelapa sawit," kata Sugiono, mandor kebun pembibitan Niko (Buyung) ditemui Bangkapos.com, Kamis (6/5/2021).

Sedangkan bibit kelapa sawit yang masih tersedia saat ini usia 6 bulan  sekitar 1.000 lebih batang. "Bibit kelapa sawit unggul yang kita semai ini jenis Topaz, pelepah pendek dan rajin berbuah dengan berat sekitar 30-40 kg per tandan buah segarnya, jenis ini banyak disukai para petani di Kabupaten Bangka," kata Sugiono.

Dilanjutkannya untuk usia bibit kelapa sawit siap tanam di lahan kebun yang bagus itu sekitar 9 bulan ke atas, karena akarnya lebih kuat dan tahan cuaca panas.

"Harga bibit kelapa sawit siap tanam atau usia 9 bulan saat ini dijual Rp60.000 per polibg ya," kata Sugiono.

Diakuinya dari usaha ini memiliki sekitar 12 orang pekerja dan juga bisa menambah tenaga kerja lepas dari ibu-ibu untuk membantu mengisi tanah media tanam ke dalam polibeg.

"Bibit kelapa sawit ini harus rajin disirami minimal pagi dan sore hari, kalau hujan tidak perlu disiram," ujarnya.(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved