Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Larangan Mudik Berlaku, Mudik Lokal Antar Kabupaten Dalam Pulau Tak Dilarang, Ini Jadwal Penerbangan

Larangan mudik lebaran Idul Fitri telah resmi berlaku saat ini, Kamis (6/5/2021) dan akan berakhir pada Senin (17/5/2021).

Bangkapos.com/Riki Pratama
Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, Zanuari Anizar. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Larangan mudik lebaran Idul Fitri telah resmi berlaku saat ini, Kamis (6/5/2021) dan akan berakhir pada Senin (17/5/2021).

Sejumlah jalur arternatif seperti jalur tikus, pelabuhan, bandara serta seluruh moda transportasi umum dibatasi.

Pemberlakuan larangan mudik ini seiring dengan dimulainya Operasi Ketupat 2021. 

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, Zanuari Anizar, mengatakan, semua keberangkatan dari Kota Pangkalpinang melakukan validasi berdasarkan tujuan perjalanan.

"Dengan orang yang dapat bepergian punya ketentuan khusus melakukan perjalanan berdasarkan surat dari kementrian nomor 13 tahun 2021. Seperti dalam rangka perjalanan dinas, atau ingin berangkat karena keluarga sakit harus memiliki surat validasi," kata Zanuari kepada Bangkapos.com, Kamis (6/5/2021) di tempat kerjanya.

Menurutnya, sebanyak empat petugas telah disiapkan untuk bertugas memberikan pelayanan surat validasi di Bandara hingga 17 Mei 2021 mendatang.

"Jadi petugas diberikan kewenangan untuk mengecek melihat kecurigakan surat keterangan apabila ada yang palsu. Misalnya, surat kesehatan itu  nantinya dilihat ke sumbernya yang menerbitkan," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa maskapai juga tidak melakukan penerbangan pada hari ini, seperti maskapai Lion Air dan Siriwijaya termasuk moda transportasi di laut.

"Mereka menyesuaikan larangan mudik jangan sampai mereka rugi. Kemudian untuk perjalanan dari Belitung ke Bangka dan sebaliknya juga dilarang dan tidak ada transportasi yang beroperasi. Semua kapal yang beroperasi mengangkut penumpang dilarang,"lanjutnya.

Selain itu, ia menegaskan larangan mudik tidak dilakukan penyekatan untuk di dalam kabupaten baik di Belitung, Belitung Timur dan Bangka.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved