Breaking News:

Tubuh Lemas Saat Berpuasa, Ini Empat Tips Mengatasi dari dr Riza

Pada saat puasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi alternatif ketika glukosa dan glikogen telah habis terpakai.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: El Tjandring
Istimewa
Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Umum Praktek di Apotek K24 Pangkalpinang, dr Riza Jayanti. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pada saat puasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi alternatif ketika glukosa dan glikogen telah habis terpakai karena tidak ada asupan makanan berjam-jam.

Pembakaran lemak sebagai sumber energi alternatif menyebabkan turunnya berat badan dan kadar kolesterol tubuh.

Bahkan kerap kali, saat berpuasa tubuh menjadi lemas atau kurang bergairah padahal sudah sahur.

Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Umum Praktek di Apotek K24 Pangkalpinang, dr Riza Jayanti mengatakan tubuh mengalami lemas bisa jadi tubuh kaget.

"Terutama bagi mereka yang terbiasa mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi. Namun, seringkali kagetnya hanya pada hari-hari pertama, tubuh akan segera beradaptasi, sehingga selanjutnya, metabolisme tubuh pun jadi minimal mengikuti kondisi puasa," ujar dr Riza, Kamis (6/4/2021).

Sehingga dr Riza menyarankan agar tubuh tak lemas saat berpuasa yakni untuk makanan sahur agar sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks berupa nasi beras merah atau gandum. Selain itu memperbanyak sayur dan buah serta vitamin dan serat selama berpuasa.

"Untuk berbuka puasa, nikmati makanan secara perlahan. Hindari juga gorengan dan batasi gula. Kurma menjadi makanan berbuka yang baik. Selain sesuai sunnah Nabi Muhammad untuk berbuka puasa dengan tiga buah kurma, buah ini juga tergolong sumber serat yang baik," saran dr Riza.

Ia juga mengingatakan jagalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik melalui asupan air putih minimal delapan gelas sehari.

"Terbagi menjadi dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari dan dua gelas saat sahur,"lanjutnya.

dr Riza memberikan tips kuat berpuasa agar tidak lemas di situasi pandemi Covid-19 meliputi :

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved