Breaking News:

Video - Menapaki Masjid Besar Assa'adah, Masjid Strategis di Pusat Kota Pangkalpinang

Hijau merupakan satu di antara warna yang disukai Rasulullah SAW. Warna ini pula nampak begitu mencolok dan dominan di Masjid Besar Assa'adah.

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Hijau merupakan satu diantara warna yang disukai Rasulullah SAW. Warna ini pula nampak begitu mencolok dan dominan saat memandangi bangunan Masjid Besar Assa'adah di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Gabek, Pangkalpinang

Berada di pinggir jalan raya, masjid ini dulunya ialah masjid panggung yang sederhana.

Masjid Assa'adah dibangun pada tahun 1900. Masjid ini memiliki luasan 300 meter dan memiliki dua lantai.

Lantai pertama diperuntukkan bagi jamaah laki-laki. Terdapat empat buah pilar yang menyangga di tengah bangunan. Di bagian atas plafon tepatnya di sisi kiri dan kanan terdapat corak kaligrafi indah yang menambah estetika.

Untuk menuju lantai kedua jamaah dapat naik melalui tangga yang telah tersedia di sisi kiri dan kanan lantai pertama. Lantai kedua tersebut diperuntukan bagi para jemaah perempuan.

Untuk semakin menambah kesejukan, masjid ini pun dibekali dengan kipas angin dan AC. Selain itu ada juga CCTV untuk menambah rasa aman bagi para jemaah yang bertandang.

Masjid ini pun dilengkapi dengan perpustakaan yang terletak di bagian kiri ujung lantai pertama. Ada beberapa etalase dengan puluhan buku-buku yang tersedia untuk dibaca.

Masjid Assa'adah dapat menampung kurang lebih 300 jemaah laki-laki maupun perempuan.

Letaknya yang strategis di pusat kota dan berada di pinggir jalan raya membuat masjid ini kerap menjadi singgahan bagi para pengendara yang ingin menunaikan ibadah salat.

(Vigestha Repit/Mg5)

Penulis: Magang5
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved