Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Awas ! Pendatang Masuk Pangkalpinang Langsung Dikarantina Paksa di Hotel Ini Jika Positif Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menetapkan Hotel Jati Wisata di Jalan Kartini Tamansari Pangkalpinang akan dijadikan tempat karantina Kasus

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Pasien Covid-19 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menetapkan Hotel Jati Wisata di Jalan Kartini Tamansari Pangkalpinang akan dijadikan tempat karantina Kasus Covid-19. Penetapan ini dilakukan usai Rapat Bersama Forkopimda, Kamis (6/5/2021) kemarin di Ruang Rapat OR.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyebut, kasus konfirmasi yang akan dikarantina di aset milik pemerintah kota (Pemkot) itu hanya untuk orang yang baru datang dari luar daerah saja.

"Jadi kita sediakan Hotel Jati Wisata untuk karantina itu hanya untuk yang dinyatakan positif ketika masuk Kota Pangkalpinang saja, sementara masyarakat biasa masih karantina mandiri," kata Molen.

Hal tersebut lantaran tak ingin Kasus Covid-19 di Pangkalpinang terus meningkat usai lebaran Idul Fitri, nanti.

Diketahui, saat ini Pangkalpinang menjadi satu di antara wilayah yang menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Jadi kalau ada masyarakat yang mudik ke Bangka dan masuk ke Pangkalpinang, terus dia dinyatakan positif Covid-19 maka langsung kita karantina paksa. Jadi lebaran mereka langsung dikurung di situ, jadi jangan coba-coba datang ke sini (Pangkalpinang -red) dalam kondisi Covid-19," tegasnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Pangkalpinang, Budiyanto selaku Pengelola Aset Hotel Jati Wisata Pangkalpinang menyebut, sejak awal tahun lalu memang operasional hotel sudah dihentikan.

"Sebetulnya saat ini memang hotel itu tidak lagi kita aktifkan, dan hotel Jati Wisata memang tercatat di Bakeuda aset milik Pemerintah Kota. Sejak awal tahun kemarin aktivitas manajemennya memang tidak kita aktifkan lagi untuk sementara," kata Budi, sapaan akrap Budiyanto kepada Bangkapos.com, Jumat (7/5/2021).

Berdasarkan hasil rapat, Kamis (6/5) kemarin kebijakannya hotel yang dulunya kerap digelar acara Pemkot itu akan siap menampung orang yang terkonfirmasi Covid-19.

"Kalau memang kebijakannya untuk dijadikan tempat karantina silahkan, kita tinggal mengiapkan saran dan prasarananya saja," ucapnya.

Budi menyebut, sejak keputusan tersebut hingga kini pihaknya memang sedang melakukan persiapan agar hotel tersebut dapat dijadikan tempat karantina Covid-19.

Sementara berapa jumlah kamar yang disediakan, pihaknya sedang menghitung dan melakukan persiapan.

"Kalau ruangan dan kasur itu sedang kita lakukan persiapan, ruang rapat rencana juga akan kita beri sekat agar bisa menjadi kamar nantinya, intinya masih dalam tahap persiapan kalau sekarang," jelasnya.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi lonjakan kasus covid-19 dan antisipasi mudik tahun 2021.

"Kalau yang karantina di hotel itukan hanya yang baru masuk Pangkalpinang saja, agar dia tidak meluas kemana-mana. Jadi kalau yang masuk Pangkalpinag dinyatakan positif langsung kita minta karantina di Hotel Jati Wisata," ujarnya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved