Breaking News:

Ramadhan 2021

Baznas Bangka Belitung Salurkan Zakat Rp2,5 Miliar untuk Mustahiq    

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyalurkan bantuan uang kepada masyarakat kurang mampu (mustahiq) di Al

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan uang kepada masyarakat kurang mampu (mustahiq) di Al Muhajirin Desa Air Ruai  Kecamatan Pemali sebanyak 167 orang dan Masjid Nurul Falah Sinar Baru Kecamatan Sungailiat sebanyak 100 orang, Jumat (07/05/2021). (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyalurkan bantuan uang kepada masyarakat kurang mampu (mustahiq) di Al Muhajirin Desa Airuai  Kecamatan Pemali sebanyak 167 orang dan Masjid Nurul Falah Sinarbaru Kecamatan Sungailiat sebanyak 100 orang, Jumat (7/5/2021).

Masing-masing mustahiq mendapatkan bantuan Rp500.000 per orang. Rencananya bantuan ini diserahkan langsung Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi di Masjid Al Muhajirin, namun hingga Salat Jumat belum tiba di lokasi. 

Erzaldi menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid Kompi Senapan B Sungailiat, setelah Salat Jumat  menuju ke Masjid Nurul Falah Sinarbaru Kecamatan Sungailiat untuk menyerahkan bantuan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada 100 orang mustahiq.

Ketua II Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Raden Median mengatakan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Bulan April ini menyalurkan sebanyak Rp2,5 miliar uang zakat dari para pegawai Pemprov Kepulauan Bangka Belitung.

"Uang hasil zakat ini kita salurkan kembali kepada masyarakat yang berhak menerimanya di seluruh kabupaten/kota wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan besaran Rp500.000 per orang dengan total Rp2,5 miliar," kata Median.

Diungkapkannya untuk pendapatan hasil zakat yang dikumpulkan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setiap bulan mencapai rata-rata Rp1 miliar lebih dari hasil zakat para pegawai Pemprov Babel.

"Meskipun saat ini sedang wabah Pandemi Covid-19 namun untuk pendapatan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rata-rata stabil dan tidak terjadi penurunan karena mayoritas pendapatan atau 80 persen dari zakat penghasilan ASN Pemprov Babel," ujar Median.

Ditambahkannya karena imbas wabah pandemi Covid-19 ini maka untuk jumlah penerima mustahiq jadi semakin meningkat karena efek wabah pandemi ini muncul banyak orang miskin baru.

" Karena itu untuk kepengurusan Baznas Babel periode yang baru ini lebih fokus melakukan penyaluran bantuan langsung kepada para mustahiq ini, dimana jumlah masyarakat penerima menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya," imbuh Median.

Diungkapkannya dalam penyaluran zakat ini kepada para mustahiq bekerja sama dengan Kantor Pos Pangkalpinang supaya bisa menjangkau mustahiq yang jaraknya jauh, seperti di Pulau Belitung dan daerah lainnya.

"Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar serta bisa sedikit membantu meringankan beban ekonomi masyarakat saat ini," harap Median.

Sementara Siti, salah seorang penerima bantuan mengaku sangat senang dan bahagia mendapatkan bantuan dana dari Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

"Alhamdulillah uangnya bisa untuk menambah belanja kebutuhan lebaran nanti pak, terima kasih kepada Baznas Babel," kata Siti. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved