Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BI Siapkan Tiga Nominal yang Dominan Jadi Penukaran Uang Tunai Saat Lebaran 2021

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Babel sudah menyiapkan uang tunai nominal kecil untuk ditukarkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 ini.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edy Josinar Purba saat konferensi pers, Jumat (7/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menyiapkan uang tunai nominal kecil untuk ditukarkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 ini.

Ada tiga nominal uang tunai yang dominan ditukarkan meliputi Rp20.000, Rp10.000 dan Rp5.000.

"Penukaran uang tunai kecil, tahun ini sudah kita siapkan untuk masyarakat. Dari kita tidak ada pembatasan atau sesuai kebutuhan saat menukar uang. Namun tergantung kebijakan perbankan, tetapi sejauh ini kita tidak mendengar ada pembatasan," ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Edy Josinar Purba saat konferensi pers, Jumat (7/5/2021).

Bank Indonesia berupaya memberikan layanan yang prima untuk menfasilitasi penukaran uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup.

"Dengan mempertimbangkan kondisi Cavid-19 terkini serta aspek kesehatan masyarakat, layanan di loket penukaran Bank Indonesia setiap hari Kamis dikhususkan untuk melayani penukaran uang rusak, cacat dan uang yang telah dicabut/ditarik dari peredaran,” kata Edy.

“Sedangkan layanan penukaran uang Rupiah pada periode Ramadhan/Idul Fitri 1442 H dilakukan melalui 98 (sembilan puluh delapan) kantor cabang bank umum di wilayah Provinsi Bangka Belitung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ( penggunaan masker, physical distancing, dan sebagainya," jelas Edy.

Selain itu, stakeholder dan mitra B termasuk perbankan dapat menyampaikan permintaan kepada Bank Indonesia untuk pemenuhan layanan penukaran kas keliling secara wholesale Hal-hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerumunan antrian penukar dan tetap dapat memastikan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19 dengan baik.

Sementara itu juga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Kebutuhan uang tunai oleh masyarakat melalui perbankan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diperkirakan sebesar 1 Triliun Rupiah, meningkat 5,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal ini didorong oleh tren perbaikan ekonomi Bangka Belitung yang bersumber dan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat, perbaikan harga komoditas unggulan, serta dukungan stimulus pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong konsumsi masyarakat yang tetap terjaga.

Terkait dengan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI saat ini pendistribusian Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI sampai dengan tanggal 30 April 2021 telah mencapai 92,04 persen Bank Indonesia mengapresiasi antusiasme masyarakat Bangka Belitung dalam penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI.

"Dengan sinergi yang dilakukan oleh Bank Indonesia bersama perbankan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ketersediaan uang tunai di masyarakat Bangka Belitung dipastikan aman.”

“Selanjutnya, Bl mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali cin-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah," kata Edy.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved