Breaking News:

Masjid Ar Rahman Punya 40 Pilar Cantik, Begini Bentuknya

Masjid dengan 2 menara dan 1 kubah ini memiliki arsitektur yang indah dan menawan untuk dipandang.

BANGKAPOS.COM- Masjid  2 menara dan 1 kubah ini memiliki arsitektur yang indah dan menawan untuk dipandang.

Masjid Ar-Rahman ini memiliki 40 pilar yang tiap sudutnya mengelilingi masjid, terletak di Jl Kejaksaan Nomor 54 Kacangpedang, Gerunggang, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Ornamen-ornamen Masjid Ar-Rahman ini terbuat dari batu alam dan memiliki satu lantai saja.

Design yang dimiliki Masjid Ar-Rahman yaitu termasuk masjid modern dan minimalis. Walaupun interior dalam masjid sederhana, tetapi cukup nyaman dan sejuk ketika beribadah.

Awalnya masjid ini memiliki luas area 500 meter persegi, pembangunan Masjid Ar-Rahman ini pada Tahun 1970-an, dan di renovasi baru pada Tahun 2000-an.

Sekarang masjid ini memiliki luas area keseluruhan seluas 5.500 m2. Tempat parkir yang di sediakan sangat luas, dan di depan masjid di tanam beberapa pohon kurma.

Renovasi Pembangunan Masjid Ar-Rahman selesai pada Tahun 2005, dan di resmikan pada Tahun 2007 oleh  Zulkarnain Karim selaku Wali Kota Pangkalpinang masa periode Tahun 2003-2013.

Masjid Ar-Rahman ini dapat menampung sampai ratusan jamaah. Apalagi saat menjelang Hari Raya atau lebaran, pengurus di Masjid Ar-Rahman selalu menyediakan 8 tenda di luar masjid untuk melakukan Salat Ied.

Diungkapkan Moris Purnama (41), Wakil Sekretaris Masjid Ar-Rahman, Kamis (6/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa pendanaan renovasi masjid ini dari sumbangan masyarakat setempat dan uang kas jumatan.

“Salah satu tokoh atau ulama yang pernah datang ke Masjid Ar-Rahman pada Tahun 2019 ialah Ustaz Basalama. Ia seorang pendakwa Indonesia yang berasal dari Makassar,” Ujar Moris.

“Kemudian pernah di datangi oleh Syekh Muhammad Jaber, ia adalah adik dari Alm. Syekh Ali Jaber. Syekh Muhammad Jaber datang ke masjid Ar-Rahman pada tahun 2019,” tambah Moris.

Untuk program selama Ramadan 2021, Pihak Masjid Ar Rahman hanya menggelar Agenda Salat Tarawih sebanyak 11 rakaat dan tadarusan yang hanya dilakukan beberapa orang saja.

Ketika Salat Tarawih semua shaf hampir penuh, dan shaf putri ada di luar mengelilingi masjid ini. (Bangkapos.com/Ranthi Apriliah/Magang6)

Penulis: Magang6
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved