Breaking News:

Ramadhan 2021

Pahami Tiga Hal Ini Agar Vertigo Tak Kambuh Saat Berpuasa

Vertigo adalah gejala sensasi berputar yang dialami seseorang. Ketika vertigo menyerang, maka lingkungan terasa berputar.

bangkapos.com
Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan, Bedah Kepala Leher Siloam Hospital, dr Roni Januardi, Sp. T.H.T.K.L saat Bincang Sehat di Bangka Pos, Jumat (7/5/2021). (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Vertigo adalah gejala sensasi berputar yang dialami seseorang. Ketika vertigo menyerang, maka lingkungan terasa berputar.

Ada dua jenis vertigo meliputi vertigo perifer, berkaitan pada organ teliga bagian dalam, sementara vertigo sentral, berkaitan pada organ otak itu sendiri.

Keluhan tambahan bisa dikarenakan mual, muntah, telinga berdenging atau gangguan pendengaran.

Bahkan kalau di bagian pusatnya, terjadi gangguan karena tumor otak atau karena infeksi, hal inilah yang bisa menyebabkan vertigo.

Berdasarkan konsep gejala, bisa dibedakan vertigo tersebut jenis perifer atau sentral, hal ini dari hasil amnesa pasien.

"Sakit kepala sendiri memiliki hal yang berbeda dengan vertigo, sebab sakit kepala merupakan suatu keadaan terjadi nyeri atau sakit di kepala yang terasa ngenyut atau tertusuk sesuatu," ujar Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan, Bedah Kepala Leher Siloam Hospital, dr Roni Januardi, Sp. T.H.T.K.L saat Bincang Sehat di Bangka Pos, Jumat (7/5/2021).

Tak dipungkirinya, banyak pertanyaan yang muncul kenapa vertigo kerap kali kambuh ketika menjalankan puasa.

Namun, ditegaskan dr Roni bahwa vertigo ini sebenarnya tak hanya sering kambuh ketika menjalankan puasa tetapi pada kondisi biasa juga kerap muncul.

"Ada tiga hal yang penting diperhatikan agar vertigo tak kambuh, pertama terkait sirkulasi harus baik dengan cara beraktivitas dengan semestinya. Kedua, hidrasi, cairan di dalam tubuh harus terpenuhi, hal ini bisa dilakukan dengan cara minum air putih 3-4 liter per hari. Ketiga, asupan glukosa yang dibutuhkan otak harus tercukupi, dengan cara mengkonsumsi karbohidrat secukupnya," jelas dr Roni.

Pada momentum Bulan Puasa ini, mengkonsumsi kurma menjadi satu di antara hal yang bisa diterapkan untuk menghindari vertigo kambuh.

"Kurma itu luar biasa khasiatnya, seperti anjurannya saat sahur dan berbuka puasa kemudian mengkonsumsi kurma maka dapat menjadi satu di antara hal yang dapat menjaga asupan karbohidrat dan cairan karena mengandung mineral yang baik bagi tubuh," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved