Breaking News:

Jelang Lebaran Permintaan Daging Sapi dan Ayam di Babel Naik

Menjelang hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah permintaan daging sapi dan ayam ras di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami kenaikan.

Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Suasana rapat koordinasi di Hotel Santika, Jumat (7/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah permintaan daging sapi dan ayam ras di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami kenaikan.

Jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya kebutuhan akan daging sapi segar meningkat sebesar 1,41 pesen. Sedangkan, kebutuhan akan daging ayam ras meningkat sebesar 1,12 persen.

Demikian yang diungkapkan Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Babel, Sunardi kepada Bangka Pos, Jumat (7/5/2021).

“Grafiknya menjelang lebaran ini justru meningkat. Jadi, ada beberapa komoditas dimulai dari beras hingga garam, yang paling meningkat kebutuhannya adalah daging sapi dan ayam,” kata dia di Pangkalpinang usai rapat koordinasi daerah.

Sunardi menuturkan, untuk kebutuhan konsumsi daging sapi di Babel dalam satu tahun sebanyak 710,23 ton.

Setiap bulannya dalam kondisi normal sebesar 59,19 ton. Namun, menjelang lebaran kebutuhan daging sapi yang dibutuhkan 142,34 ton.

“Kebutuhan daging ayam juga sama mengalami peningkatan, konsumsi daging ayam ras untuksatu tahun di Babel sebanyak 16.280,71 ton. Normalnya per bulan 1.356,73 ton. Kebutuhan masyarakat menjelang lebaran hampir 2.869,47 ton,” terang dia.

Selain itu, untuk stok daging sapi saat ini sekitar 188,02 ton, daging ayam ras sebanyak 292,14 ton dan dapat dipastikan terjamin dan terkendali, bahkan hingga tiga bulan pasca lebaran.

Lebih lanjut, untuk harga daging sapi di Pulau Bangka dan Belitung terjadi perbedaan.Yang mana di Bangka Rp135 ribu per kilogram dan Belitung Rp150 ribu per kilogram.

“Harga itu sudah dibuatkan surat edaran oleh gubernur. Sedangkan harga daging ayam ras berdasarkan Harga Acuan Penjualan (HAP) untuk konsumen sebesar Rp35 ribu,” pungkasnya. (Bangkapos/CepiMarlianto)

Penulis: Magang1
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved