Breaking News:

Pertumbuhan Ekonomi Babel Tertinggi se-Sumatera

Di saat daerah lain di Indonesia kesulitan beranjak dari keterpurukan ekonomi masa pandemi, berbeda dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: M Ismunadi
Diskominfo Babel
Pertumbuhan Ekonomi Babel Tertinggi se-Sumatera 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Di saat daerah lain di Indonesia kesulitan beranjak dari keterpurukan ekonomi masa pandemi, berbeda dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pertumbuhan ekonomi di provinsi yang dipimpin Gubernur Erzaldi Rosman itu malah cenderung membaik.

Data dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bangka Belitung dan Badan Pusat Statistik (BPS) Babel menggambarkan pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung tercatat positif.

Pertumbuhannya ada di angka 0,97 persen (dalam y-on-y) pada Triwulan I Tahun 2021 dan itu membuktikan kepiawaian Gubernur Erzaldi memutar otak agar perekonomian masyarakatnya tak lesu darah di masa pandemi.

Bahkan, data menampilkan perbandingan dengan pertumbuhan ekonomi Pulau Sumatera Triwulan I-2021.

Luar biasanya, pertumbuhan ekonomi Kepulauan Bangka Belitung merupakan yang tertinggi (dalam y-on-y).

Jika dilihat secara umum, seluruh sektor unggulan di Bangka Belitung mengalami perbaikan.

Berdasarkan data BPS diketahui PDRB pada sektor pertambangan dan penggalian yakni sebesar 21,02 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 19,75 persen; dan sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 14,90 persen.

Membaiknya kinerja sektor pertambangan dan pengolahan logam timah didorong oleh meningkatnya harga komoditas yang cukup signifikan akibat peningkatan permintaan di tengah 'penyembuhan' perekonomian global.

Di sektor pertanian, Nilai Tukar Petani (NTP)
April 2021 sebesar 124,50 atau naik 2,15 persen dibandingkan Maret 2021. Sedangkan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) April 2021 sebesar 124,94 atau naik 2,06 persen dibandingkan NTUP Maret 2021.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved