Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sambut Lebaran Sebentar Lagi, Dua Andikpas LPKA Pangkalpinang Pulang ke Rumah  

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang telah mengembalikan dua orang anak didik pemasyarakatan (Andikpas) kepada keluarga untuk

istimewa
Saat Dua Andikpas LPKA Pangkalpinang dijemput keluarganya (Foto Ist). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang telah mengembalikan dua orang anak didik pemasyarakatan (Andikpas) kepada keluarga untuk melakukan Asimilasi di rumah, Sabtu (8/5/2021). 

Hal ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, 

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana menegaskan bahwa pemberian asimilasi di rumah kepada Andikpas ini dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di LPKA dan semuanya sudah sesuai dengan prosedur serta peraturan perundangan yang ada.

“Asimilasi merupakan proses pembinaan Narapidana dan Anak yang dilaksanakan dengan membaurkan Narapidana dan Anak dalam kehidupan masyarakat," ujar Nanang dalam rilis kepada Bangkapos.com.

Dalam program asimilasi dirumah ini, anak tetap mendapatkan pengawasan dan pembimbingan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas), tambahnya.

Nanang menyampaikan bahwa semua pelayanan yang ada di LPKA Kelas II Pangkalpinang, termasuk kepengurusan asimilasi dirumah ini semuanya diberikan secara Gratis.

Sementara itu, Kepala Seksi Registrasi dan Klasifikasi, Alkok Marya menyampaikan bahwa Andikpas yang berhak mendapatkan program asimilasi dirumah ini adalah Andikpas yang  memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenkumham Nomor 32 tahun 2020, antara lain berkelakuan baik yang dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan terakhir; aktif mengikuti program pembinaan dengan baik; dan telah menjalani masa pidana paling singkat 3 (tiga) bulan. 

Senada dengan hal tersebut, Kepala Subseksi Registrasi, Gusron menuturkan bahwa 2 orang Andikpas yang hari ini dikembalikan kepada keluarga karena mendapatkan program asimilasi dirumah sudah sesuai dengan prosedur yang ada yang dan sesuai dengan Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang.

“Sebelum kita kembalikan kepada keluarga,  2 orang Andikpas yakni Reyhan dan dan Adib, kita berikan masukan dan arahan supaya tetap menjalankan apa yang menjadi kewajiban mereka hingga habis masa pidana dan tetap menjalankan ibadah," kata Gusron.

Ia menambahkan tak hanya kepada Andikpas, pesan khususpun disampaikan kepada keluarga agar senantiasa mengawasi dan membimbing Andikpas ini untuk tetap melaksanakan ibadah sebagai bentuk implementasi hasil kegiatan pembinaan yang telah diikuti di LPKA Kelas II Pangkalpinang selama ini, jangan sampai apa yang telah diikuti selama ini hilang begitu saja, 

“Alhamdulillah kami keluarga Andikpas mengucapkan terimakasih banyak kepada LPKA Kelas II Pangkalpinang yang telah memberikan pelayanan kepada kami selama ini baik itu pelayanan penitipan makanan, video call, pembinaan kepada Andikpas dan pelayanan kepengurusan asimilasi dirumah ini”, ungkap Anca yang merupakan salah satu keluarga Andikpas.

Menurut Anca semua pelayanan yang diberikan LPKA Kelas II Pangkalpinang Gratis, tidak dipungut biaya apapun dan semua pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang baik, ramah dan cepat tanggap. (Bangkapos.com/Rilis/Cici Nasya Nita) 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved