Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Dinkes Bangka Tengah Pastikan Alat Rapid Test yang Digunakan Baru dan Aman, Limbah Medis Dimusnakan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka Tengah pastikan alat medis yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19, khususnya rapid tes masih baru dan aman.

(bangkapos.com/Sela Agustika)
Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --  Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka Tengah pastikan alat medis yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19, khususnya rapid tes masih baru dan aman.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun menegaskan bahwa pihaknya pun selalu membuka dan menggunakan alat rapid test saat akan melakukan pengecekan.

Bahkan Ia menuturkan, pihaknya juga rutin melakukan pemantauan penggunaan alat rapid tes sesuai dengan data masuk dan keluar.

"Kalau di Bangka Tengah sendiri saya pastikan aman dan belum ada temuan penggunaan alat rapid tes bekas, bahkan untuk pelaksanaa rapid tesnya sendiri hanya ada di puskesmas dan rumah sakit. Itu pun dibuka dan digunakan saat akan di lakukan pengecekan,"ungkap Zaitun kepada Bangkapos.com, Minggu (09/05/2021)

"Kalau di bandara yang melaksanakannya memang bukan dari dinkes atau provinsi, namun ini resmi dan diakui. Tetapi karena ini masuk wilayah Bateng terkait pengawasan kami akan lakukan dan koordinasi juga dengan pihak provinsi," kata Zaitun.

Ia mengatakan, untuk limbah alat rapid tes ataupun limbah medis pihaknya pun telah melakukan MoU kerja sama dengan pihak RSUD Depati Hamzah untuk pemusnahan.

"Jadi semua limbah medis, baik masker, alat rapid dan limbah medis lainnya ini kita lakukan pemusnahan langsung," tegas Zaitun.

Tidak hanya itu, ia menambahkan dari segi penyimpanan alat rapid juga perlu diperhatikan dan dilakukan pengawasan.

"Bukan hanya penggunakan alat bekas saja, tetapi tempat penyimpanan juga perlu kita perhatikan, batas waktunya yang juga penting. Untuk du Bangka Tengah sendir sampai sekarang kita aman tidak ada yabg menggunakan alat bekas, semuanya baru dan aman," jelas Zaitun.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved