Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Harga Daging Sapi Kian Meroket, Disperindag Babel Lakukan Penetrasi Operasi Pasar, Lihat Lokasinya

Menjelang lebaran Idul Fitri harga daging sapi di Provinsi Bangka Belitung semakin meroket atau merangkak naik. 

Bangkapos/Edwardi
Daging beku jenis kerbau sebanyak 3 ton sudah tiba di gudang Bulog Selindung Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menjelang lebaran Idul Fitri harga daging sapi di Provinsi Bangka Belitung semakin meroket atau merangkak naik. 

Harga daging di pasaran telah mencapai Rp 140.000 hingga Rp 150.000 perkilogramnya. 

Kabid Pengembangan Perdagangan Disperindag Provinsi Bangka Belitung, Moch Nasirin, mengatakan mereka akan melakukan operasi pasar pada Senin (10/5/2021) besok, di Pasar Pagi Pangkalpinang, menjual daging sapi beku.

Tujuan operasi pasar menurutnya sebagai penetrasi pasar, karena harga daging sapi saat ini kian meningkat.

"Kita melakukan operasi pasar (OP) daging besok di pasar pagi. OP dilakukan karena harga daging mengalami lonjakan harga,"jelas Nasirin kepada Bangkapos.com, Minggu (9/5/2021).

Dia menambahkan, penyebab kenaikan harga karena adanya kenaikan harga pokok daging sapi.

"Berdasarkan pengakuan distributor ada kenaikan harga pokok dari perusahaan di Lampung dan pengurangan kuota hingga 50 persen,"lanjutnya.

Nasirin, mengatakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Babel, hanya proyeksi harga eceran tertinggi daging sapi dan tidak dapat melawan mekanisme pasar.

"Karena itu upaya kita persuasif karena kita tidak bisa ngelawan mekanisme pasar, suplay and demand, berkaitan dengan harga daging sapi,"katanya.

Ia mengakui bahwa saat ini daya beli masyarakat di Bangka Belitung mangalami kenaikan. Karena beberapa komoditi naik harga seperti sahang, sawit dan timah, kemudian mendekati hari besar perayaan Idul Fitri.

"Catatan jangan salah paham antara proyeksi HET dan HET. Proyeksi Harga eceran tertinggi daging sapi untuk wilayah Pulau Bangka sebesar Rp 135.000 perkilogram dan untuk Pulau Belitung sebesar Rp 140.000 per kilogram," ujarnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

#Jadwal Pelaksanaan Operasi Pasar Komoditi Daging Beku

*Sebelumnya Minggu (9/5/2021) digantikan Senin (10/5/2021) lokasi Taman Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka dan Pasar Mentok Kabupaten Bangka Barat pukul 07.30 WIB.

*Selasa (11/5/2021) lokasi Bundaran Ikan Koba, Depan Polsek Koba Bangka Tengah, Simpang Lima Toboali Bangka Selatan dan Lapangan Segitiga Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur pukul 07.30 WIB.
Sumber: Disperindag Babel.

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved