Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H, Kemenag Babel Ingatkan Prokes dan Jemaah Bawa Sajadah Sendiri

Pemerintah sudah mengeluarkan aturan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah pada saat pandemi Covid-19 sesuai Surat Edaran

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Dok/Bangkapos.com
Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, Rebuan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah sudah mengeluarkan aturan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah pada saat pandemi Covid-19 sesuai Surat Edaran Nomor SE 7 Tahun 2021.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, Rebuan, mengatakan berdasarkan surat tersebut, pelaksanaan Salat Ied boleh dilakukan di masjid atau lapangan terbuka bagi daerah yang bukan zona merah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Yang paling utama dengan tetap menggunakan masker, jarak dijaga serta hindari kerumunan. Sajadah dan mukena harus bawa masing-masing, selanjutnya usai salat tidak ada salam-salaman. Open house juga cukup keluarga inti saja," ungkap Rebuan saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Senin (10/5/2021).

Sementara itu, sesuai ketentuan untuk pelaksanaan salat Ied di masjid diimbau agar kapasitas jemaah dibatasi 50 persen dari luas masjid.

Sampai saat ini, Kemenag Babel belum mendapatkan informasi atau terpantau adanya pelaksanaan salat Ied tahun ini yang digelar di lapangan terbuka.

"Kepada pengurus masjid diharapkan untuk mempersiapkan hal-hal dalam penerapan prokes. Serta untuk pendistribusian zakat fitrah agar tidak terjadi kerumunan, saran kita zakat itu diantar ke mustahik," kata Rebuan.

Pada pelaksanaan Salat Ied nanti, materi khotbah yang dianjurkan oleh Kemenag Bangka Belitung dengan judul Mengevaluasi Capaian Ramadhan Kita.

"Sementara untuk penentuan 1 Syahwal di Bangka Belitung ada empat titik. Pertama, di Desa Penagan untuk provinsi, kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka dan Bangka Tengah. Kedua, di Bangka Selatan. Ketiga, di Bangka Barat. Keempat, di Belitung. Pelaksanaan besok, tanggal 11 Mei 2021 dan akan disampaikan ke pemerintah pusat," kata Rebuan.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved