Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Satgas Covid-19 Babel Sampaikan Ketentuan Salat Ied, Zona Merah dan Oranye Lakukan Salat di Rumah

Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan pelaksanaan salat ied lebaran Idul Fitri 2021

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Sekretaris, Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat Live Streaming Bangka Pos. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan pelaksanaan Salat Ied  Idul Fitri 2021 di tengah pandemi Corona.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan, aturan Kemenag tersebut bersamaan dengan keluarnya fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"SE itu menyampaikan mengenai pengetaan dari Kemenag dan Fatwa MUI bahwa untuk wilayah zona oranye dan merah itu salat ied dilakukan di rumah, tidak di masjid dan lapangan terbuka," jelas Mikron Antariksa kepada Bangkapos.com, Senin (10/5/2021).

Dia menerangkan SE berlaku dan bersifat umum artinya salat ied dilakukan berdasarkan zonasinya untuk daerah masing-masing.

"Di Pangkalpinang memang ada zona merah ada dua kelurahan dan zona oranye masih ada tetapi ada juga hijaunya. Jadi terkait keputusan kesepakatan bersama dari Pemprov Babel kemarin tidak perlu direvisi hanya dipertegas di tingkat lapangan dalam menjalankan prokes kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, untuk daerah berstatus zona merah dan oranye, penyelenggaraan Salat Idul Fitri agar dilakukan di rumah masing-masing, sesuai dengan fatwa MUI dan ormas Islam lainnya.

Shalat Idul Fitri boleh diadakan di masjid dan lapangan hanya di daerah yang aman dari Covid-19 atau berstatus zona hijau dan kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang. 

Dalam hal Salat Idul Fitri yang dilaksanakan di masjid dan lapangan, wajib memperhatikan standar protokol kesehatan ketat dan mengindahkan sejumlah ketentuan berikut:

1. Salat Idul Fitri dilakukan sesuai rukun shalat dan khutbah diikuti oleh seluruh jemaah yang hadir

2. Jemaah Salat Idul Fitri yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak antarshaf dan antarjemaah

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved