Breaking News:

Otomotif

Wajib Diperhatikan Kondisinya, Ini 3 Filter pada Mobil

Filter berguna untuk menyaring sesuatu. Pada mobil, terdapat tiga filter yang penting untuk diperhatikan kondisinya.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi membersihkan mesin mobil 

BANGKAPOS.COM - Filter berguna untuk menyaring sesuatu. Pada mobil, terdapat tiga filter yang penting untuk diperhatikan kondisinya.

Ketiga filter tersebut, antara lain filter AC, filter oli, dan filter udara. Masing-masing memiliki fungsi untuk menyaring kotoran.

1. Filter AC
Filter AC yang terletak pada kabin akan mudah kotor jika udara yang mengalir dari evaporator juga sudah terkontaminasi berbagai kotoran.

"Jika filter AC sudah kotor, otomatis akan terjadi penyumbatan yang membuat semburan udara masuk ke dalam kabin akan terhalang," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Suparna menambahkan, dampak filter AC yang kotor akan membuat kabin terasa kurang sejuk, meskipun sudah meningkatkan suhu udara.

Filter AC sebaiknya diganti tiap tiga bulan sampai enam bulan atau tiap 10.000 kilometer.

2. Filter Udara
Filter udara pada mobil berguna untuk menyaring udara yang akan masuk ke ruang bakar dari partikel atau kotoran, seperti debu, yang diisap melalui air intake.

"Keberadaan filter udara pada mobil juga bisa dianalogikan seperti tubuh manusia yang membutuhkan udara bersih untuk dihirup. Pada mobil, filter dibutuhkan agar menjaga udara yang masih ke ruang bakar tetap bersih," kata Suparna.

Menurut Suparna, interval pergantian filter udara biasanya disarankan ketika mobil sudah menyentuh jarak 30.000 km sampai 40.000 km.

Namun, hal tersebut berlaku pada kondisi normal, bila kerap melalui jalan berdebu, pergantiannya bisa lebih cepat lagi, antara 20.000 hingga 25.000 km.

3. Filter Oli
Komponen di dalam mesin membutuhkan pelumas atau oli agar pergerakannya bisa maksimal. Kotoran sekecil apa pun dapat berpengaruh pada performa mesin.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengatakan, meski bentuknya kecil, tapi peran dari filter oli tidak bisa diabaikan.

"Filter oli memiliki fungsi untuk menyaring kotoran atau residu di dalam mesin," kata Anjar.

Jika filter oli tidak diganti, maka oli lama akan bercampur dengan oli baru dan bisa berpengaruh pada performa oli. Untuk itu, sebaiknya filter oli diganti setiap melakukan pergantian oli mesin. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal 3 Filter pada Mobil yang Wajib Diperhatikan Kondisinya"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved