Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Baznas Bangka Belitung Salurkan Zakat ke 105 Orang dan Launching Gerakan Cinta Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, melakukan Safari Ramadhan

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, melakukan Safari Ramadhan dan penyerahan zakat kepada mustahiq di Masjid Al A'la Bukit Baru, Kota Pangkalpinang, pada Selasa (11/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Bangka Belitung bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, melakukan Safari Ramadhan dan penyerahan zakat kepada mustahiq di Masjid Al A'la Bukit Baru, Kota Pangkalpinang, pada Selasa (11/5/2021).

Selain menyerakan bantuan mereka juga melaunching gerakan cinta zakat di Bangka Belitung.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Provinsi Bangka Belitung, Haridi Hasan, mengatakan, kegiatan yang mereka lakukan adalah rutin setiap tahunya, untuk menyantuni atau memberikan sesuatu kepada mustahiq.

"Baznas bersama dengan program Biro Kesra Pemprov Babel secara rutin melaksnakan kegiatan safari ramadhan dan safari Jumat dengan membawa sesuatu untuk menyantuni mustahiq. Dari zakat yang kami himpun dari penghasilan ASN Pemprov Babel ditampung melalui Baznas disalurkan ke fakir miskin, mualaf, amil, gharim, fisabililah dan Ibnu sabil," jelas Haridi Hasan didampingi Ketua Baznas Babel M Arif kepada Bangkapos.com, Selasa (11/5/2021) di Masjid Al A'la.

Mereka yang menerima zakat sebanyak 105 orang, dengan setiap orang mendapat Rp 500 ribu bersamaan gubernur menyerahkan bantuan pembangunan TPA sarana dan prasarana Masjid Al A'la.

"Tahun ini zakat terkumpul Rp 14 miliar target kita Rp 25 miliar ini sedang berjalan, jumlahnya tidak menurun ada kenaikan 200 juta per bulan. Kemudian mereka yang membayar zakat ke Baznas dari kalangan pertama ASN Pemprov Babel, ASN instansi vertikal, perusahaan nasional, perusahan daerah, perusahan swasta yang masuk dalam skala Baznas Babel termasuk perguruan tinggi dan mesjid raya," ungkapnya.

Selain memberikan zakat, Haridi menambahkan kegiatan lain yang dilakukan yaitu launching gerakan cinta zakat di Provinsi Bangka Belitung.

"Dari istana negara telah melaunching gerakan cinta zakat, kemudian diikuti para menteri dan beramai ramai menyampaikan ke Baznas Nasional. Setelah itu di daerah dikuti gubernur beserta kepala dinas menyampaikan zakat ke Baznas, nanti ditindak lanjuti sampai ke kabupaten/kota," katanya.

Ketua Baznas Babel M Arif, mengharapkan semua bantuan dapat tersampaikan terkait hak para fakir miskin untuk menerima zakat.

"Gubernur dan jajarnya sangat memotivasi memberikan semangat selalu diberikan pengertian kewajiban zakat yang disampaikan terus-menerus melalui safari ramadhan dan Jumat sampai ke pelosok daerah," jelas M Arif.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan, launching gerakan cintai zakat, sangat didorong pemerintah daerah yang ingin menyebarkan luaskan pentingnya zakat dengan pola penyaluran lebih kreatif nantinya.

"Karena ini harus kita viralkan kemana-mana menyangkut masyarakat kita untuk membayar zakat, terlebih selama bulan ramadhan ini. Jangan tidak bayar zakat apalagi zakat fitra,"kata Erzaldi.

Ia mengharapkan dengan gerakan cinta zakat dapat memperolehan banyak zakat. sehingga bila banyak akan lebih optimal untuk disalurkan dengan cara lebih baik dan dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved