Breaking News:

Berita Sungailiat

Bupati dan Wabup Bangka Salat Ied, Begini Persiapan Badan Pengelola Masjid Agung Sungailiat  

Bupati Bangka, Mulkan dan Wakil Bupati Bangka, Syahbudin akan melaksanakan Salat Ied Hari Raya Idul Fitri 1442  H di Masjid Agung Sungailiat

bangkapos.com
Persiapan pelaksanaan Salat Ied di Masjid Agung Sungailiat. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bupati Bangka, Mulkan dan Wakil Bupati Bangka, Syahbudin akan melaksanakan Salat Ied Hari Raya Idul Fitri 1442  H di Masjid Agung Sungailiat, Kamis (13/05/2021) Pukul 07.00 WIB.

Bertindak selaku imam Salat Ied di Masjid Agung Sungailiat, yakni H Syaipul Zohri Ketua dan Imam Masjid Agung Sungailiat dan khatib HM Nasir Hasan, Ketua Baznas Kabupaten Bangka.

Untuk itu Pengurus Badan Pengelola Masjid Agung Sungailiat sejak beberapa hari terakhir ini sudah mempersiapkan, terutama pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan wabah Covid-19 dengan baik sesuai aturan.

Saat ini lantai masjid rutin dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan dan pengepelan  lantai oleh para petugas, beberapa spanduk peringatan disiplin prokes sudah dipasang, seperti jamaah wajib mengenakan masker di dalam masjid, menjaga jarak, peralatan thermogun dan petugas pengawas lainnya.

Wakil Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Sungailiat, H Matzen Matyasin mengatakan pengurus masjid sudah melakukan rapat persiapan untuk tata cara pelaksanaan Salat Ied ini.

"Apabila nanti Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka mengizinkan untuk pelaksanaan Salat Ied, kita sudah rapat dan membentuk petugas-petugas yang akan mengatur para jamaah laki-laki maupun perempuan, terutama para jamaah yang berada di halaman luar dan tenda Masjid ini," kata Matzen kepada Bangkapos.com, Selasa (11/05/2021).

Diungkapkannya, berdasarkan hasil rapat untuk ruangan dalam masjid dikhususkan bagi jamaah laki-laki, sedangkan jamaah perempuan ditempatkan dibawah tenda di halaman kiri, kanan dan depan masjid.

"Masjid Agung Sungailiat berusaha keras untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat karena itulah kita sudah menyiapkan para petugas khusus untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan saat pelaksanaan Salat Ied," ujar Matzen.

Ditambahkannya untuk pelaksanaan Salat di dalam masjid selama ini sudah diberikan tanda&tanda khusus untuk menjaga jarak, sehingga lebih mudah dalam penetapan protokol kesehatannya.

"Namun untuk para jamaah yang Salat di bawah tenda dan halaman luar masjid memang agak sulit menentukan tanda jaga jaraknya, karena itu diperlukan para petugas untuk mengatur dan mengarahkan para jamaah agar disiplin menjaga jarak," tukas Matzen.

Dilanjutkannya untuk pengukuran suhu tubuh para jamaah dilakukan petugas di pintu dua gerbang masuk masjid, jadi bukan di dalam masjid dan juga fasilitas tempat cuci tangan di pintu gerbang masuk halaman masjid. 

"Kita menghimbau apabila masyarakat ingin melakukan Salat Ied di Masjid Agung agar membawa sajadah masing-masing, memakai masker, untuk anak-anak yang belum akil baliq (dewasa) sebaiknya tidak dibawa ke masjid, selesai salat tidak perlu bersalam-salaman atau kontak fisik lalu segera pulang ke rumah masing-masing," harap Matzen. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved