Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kepatuhan Pakai Masker di Babel Hanya 49 Persen, Kota Pangkalpinang Terendah

Razia untuk melihat penerapan protokol kesehatan pedagang dan penjual yang melakukan aktivitas di pasar yang padat menjelang lebaran Idul Fitri.

IST/Satgas Covid-19 Babel
Tim Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung kembali melakukan razia serta sosialisasi pasar di Kota Pangkalpinang pada, Selasa (11/5/2021) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tim Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung kembali melakukan razia serta sosialisasi di pasar-pasar dalam Kota Pangkalpinang pada, Selasa (11/5/2021) siang.

Tujuan razia untuk melihat penerapan protokol kesehatan (Prokes) pedagang dan penjual yang melakukan aktivitas di pasar yang padat menjelang lebaran Idul Fitri.

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan, dari hasil razia yang dilakukan pelanggaran jaga jarak paling banyak dilanggar.

"Kami memang melihat kondisi keramaian dari kemarin pagi, kemudian siangnya ke pusat perbelanjaan Ramayana, melakukan sosilisasi prokes dan dilanjutkan hari ini pasar pagi dan induk di Kota Pangkalpinang, pelanggaran ditemukan terkait dengan jaga jarak," jelas Mikron Antariksa kepada Bangkapos.com, Senin (11/5/2021).

Kemudian untuk penggunaan masker, menurut Mikron 90 persen penjual dan pembeli telah sadar dan peduli untuk menggunakannya.

"Pelanggaran memang rata-rata jaga jarak, sehingga sedikit susah karena di pasar ramai orang. Sedangkan penggunakan masker kami lihat telah 90 persen. Jadi hanya jaga jaraknya sangat tidak bisa dilakukan," jelasnya.

Selama pelaksanaan razia, Mikron menjelasian tak ada sanksi diberikan, hanya imbauan serta sosialisasi disampaikan kepada para penjual dan pembeli terkait pentinggnya penerapan prokes secara  teratur serta disiplin.

"Kita hanya memberikan terguran dan imbauan agar lebih taat kepada prokes, karena perda kita sampai saat ini belum direvisi. Kalau melihat kemarin puncak hari ini dan kemarin, kalau besok sudah agak berkurang, warga lebih banyak bersih-bersih rumah," katanya.

Dia menambahkan, berdasarkan monitoring kepatuhan dalam menerapkan Protokol Kesehatan yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia selama 1 pekan dari 26 April - 2 Mei 2021 tingkat kepatuhan penerapan prokes di Bangka Belitung dari 204 titik.

"Angka kepatuhan memakai masker 49,00 persen dari 87,53 persen rata-rata nasional menurun dari pekan sebelumnya. Di mana tingkat kepatuhan terendah berada di Kota Pangkalpinang dengan 24,32 persen," katanya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved