Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelaksanaan Rukyatul Hilal di Desa Penangan Sore Ini, Kapan Lebaran?

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera menggelar rukyatul hilal dalam menentukan 1 Syawal.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rukyatul hilal di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Senin (12/4/2021) sore 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera menggelar rukyatul hilal dalam menentukan 1 Syawal 1442 H, sebagai penanda tibanya Hari Raya Idul Fitri 2021.

Kegiatan rukyatul hilal tahun 2021 untuk daerah provinsi, kota Pangkalpinang, Bangka dan Bangka Tengah akan dilaksanakan seperti biasanya di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka pada sore ini, Selasa (11/5/2021) menjelang magrib nanti.

Di lokasi dekat pantai itu, sudah disediakan ada alat bantu berupa teropong yang diarahkan ke atas langit untuk melihat tinggi hilal.

Informasi yang diperoleh bangkapos.com, berdasarkan hasil data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, bahwa data hisab hilal di wilayah Bangka pada tanggal 11 Mei 2021, tinggi hilal -4 derajat 37 menit 64 detik.

Sementara itu, untuk menetapkan 1 Syawal, tinggi hilal minimal itu 2- 2,5 derajat.

"Acuan untuk hilal di Penagan sore ini, diprakirakan tinggi hilal masih -4 derajat sedangkan ketinggian hilal minimal untuk menetapkan 1 Syawal adalah minimal 2 - 2,5 derajat.

Sehingga besar kemungkinan kita masih puasa besok dan 1 Syawal jatuh pada Kamis 13 Mei 2021," ujar Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji saat dikonfirmasi bangkapos.com.

Adapun prakiraan data hisab hilal pada hari Rabu, (12/5/2021) besok menjelang magrib yakni tinggi hilal 5 derajat 35 menit 50 detik.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved