Breaking News:

Idul fitri 2021

Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2021 Akan Digelar Hari Ini, Berikut Tahapan Penentuannya

Bulan puasa akan berakhir sebentar lagi, umat muslim menantikan keputusan sidang isbat dari pemerintah untuk menyambut bulan syawal 1442 Hijriyah

Penulis: Magang5 | Editor: M Zulkodri
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. 

BANGKAPOS.COM - Bulan puasa akan berakhir sebentar lagi, umat muslim sedang menantikan keputusan sidang isbat dari pemerintah untuk menyambut bulan syawal 1442 Hijriyah. 

Sidang isbat penentuan 1 syawal 1442 Hijriyah akan dijadwalkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada hari ini Selasa, 11 Mei 2021. 

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).

Nantinya, sidang isbat ini akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan bahwa sidang isbat akan digelar dalam tiga tahapan, yakni pemaparan posisi hilal, mendengarkan laporan data hisab, dan konferensi pers hasil sidang isbat.

Tahap pertama ialah pemaparan posisi hilal, posisi hilal ini akan dipaparkan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung. Posisi hilal ini akan dilakukan dengan cara mengamati hilal.

Hilal adalah bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di atas cakrawala langit barat, dan sudah diamati tepat selepas terbenamnya Matahari.

Untuk melihat hilal ada tiga metode yang dapat dilakukan, yakni dengan mata telanjang, alat bantu optik tapi dengan mengandalkan mata, dan alat bantu optik dengan bantuan sensor atau kamera.

Berikutnya, sidang isbat dilakukan mendengarkan laporan hasil data hisab serta rukyatul hilal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved