Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sudah Lewat Sebulan, Hasil Uji Lab 200 Ton Zirkon PT CAL Belum Ada, Dirjen Justru Cek Tambang Ilegal

Hingga Selasa (11/5/2021) siang delapan kontainer berisi 200 ton Zirkon tersebut, terpantau masih berada di area tumpuk IPC Pelabuhan Pangkalbalam.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: El Tjandring
Bangka Pos/Anthoni Ramli.
Delapan kontainer yang berisi 200 ton zirkon milik PT Cinta Alam Lestari (CAL) tertahan di pelabuhan Pangkalbalam, kota Pangkalpinang, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sudah lebih dari sebulan delapan kontainer yang berisi 200 ton zirkon milik PT Cinta Alam Lestari (CAL) tertahan di pelabuhan Pangkalbalam, kota Pangkalpinang.

Hingga Selasa (11/5/2021) siang delapan kontainer berisi 200 ton Zirkon tersebut, terpantau masih berada di area tumpuk IPC Pelabuhan Pangkalbalam.

Tak ada penjagaan khusus di sekitar area tersebut. Akses keluar masuk area penumpukan itu sebelumnya ditutup, saat ini telah dibuka seperti biasa.

200 ton zirkon tersebut seharusnya diekspor ke Tiongkok pada Sabtu (3/4/2021) malam lalu. Namun, adanya dugaan ketidaksesuaian dokumen dengan barang muatan akhirnya delapan kontainer tersebut kembali diturunkan.

Tak sekedar diturun dan ditahan saja, namun keesokan harinya Dirjen Minerba Kementrian ESDM Ridwan Djamaludin bersama tim turun, melakukan pengecekan dan pengambilan sampel zirkon milik perusahaan yang pabriknya di kawasan Merawang tersebut.

Pada kesempatan itu, Ridwan didampingi anggota komisi VII DPR RI Bambang Pati Jaya (BPJ), Dirreskrimsus Kombes Pol Harryo Sugihartono, pihak KSOP, IPC, dan perwakilan Bea Cukai Pangkalpinang.

Semula, Dirjen Minerba Kementrian ESDM Ridwan Djamaludin, menyebut paling lambat hasil uji lab sampel 200 ton zirkon PT CAL, dua pekan setelah pengambilan sampel.

Namun, nyatanya sudah sebulan lebih, sampel dan hasil uji lab yang dijanjikan pihak ESDM tak kunjung dipublis.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, juga menyebut jika tak ada aral dalam waktu dekat Dirjen Minerba ESDM Ridwan Djamaludin akan bertandang ke Bangka Belitung dam mengekpose hasil lab zirkon milik PT CAL

"Kita masih menunggu, kemarin kami baru saja via telpon, InsyaAllah pak dirjen akan datang langsung ke sini, dan akan dipublis bersamaan," kata Erzaldi di sela menijau pelabuhan Pangkalbalam, Senin (26/4/2021) lalu.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved