Breaking News:

CATAT, Ini 4 Makanan yang Harus Dihindari agar Tetap Sehat Selama Rayakan Lebaran

Masalahnya, setelah menjalani puasa Ramadhan yang sehat, banyak orang seakan memuaskan nafsu makan saat melihat berbagai hidangan tersedia

Editor: Iwan Satriawan
Kolase TribunStyle
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Umat Islam di seluruh dunia, Kamis (13/5/2021) kembali merayakan Idul Fitri setelah hampir sebulan menjalani puasa Ramadan.

Selain ibadah sholat Ied dan berkumpul bersama keluarga, perayaan Idul Fitri lekat dengan menikmati berbagai menu masakan khas lebaran.

Masalahnya, setelah menjalani puasa Ramadan yang sehat, banyak orang seakan memuaskan nafsu makan saat melihat berbagai hidangan tersedia ketika Idul Fitri.

Sehingga, manfaat sehat yang didapat dari puasa selama Ramadhan bisa hilang seketika dan membuat tubuh kaget.

Dr Ruchika Mukherjee, Associate Medical Director di global perusahaan kesehatan Cigna mengatakan, setelah berpuasa dengan sehat sepanjang Ramadan, penting untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri selama Idul Fitri.

“Asupan makanan dalam porsi besar dapat menyebabkan sakit perut, gangguan pencernaan, dan kembung,” kata Mukherjee.

Sementara itu, untuk mengendalikan makan berlebih saat lebaran, Banin Shahine, Resident Nutrition Expert di Fitness First, merekomendasikan memulai Idul Fitri dengan sarapan yang mengenyangkan tetapi sehat.

“Ini akan membantu Anda mengontrol asupan makanan di kemudian hari, meningkatkan energi, dan mengontrol nafsu makan,” jelasnya.

Shahine juga menyarankan makan makanan sehat dalam jumlah kecil sepanjang hari.

Ini akan mengirimkan sinyal ke otak Anda, bahwa persediaan makanan banyak, sehingga tidak masalah untuk membakar kalori tersebut dengan cepat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved