Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Bateng Masuk Zona Oranye, Disbudparpora Keluarkan Surat Edaran Penutupan Operasional Tempat Wisata

Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bangka Tengah keluarkan surat edaran kepada pengelola tempat wisata.

Bangkapos.com/Sela Agustika
Pantai Terentang di Kabupaten Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bangka Tengah keluarkan surat edaran kepada pengelola tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah untuk menutup sementara kegiatan operasional tempat wisata selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021.

Kebijakan ini dikeluarkan karena mengingat semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Bangka Tengah.

Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zainal mengatakan, penutupan sementara kegiatan operasional tempat wisata dikarenakan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Bangka Tengah saat ini.

Tidak hanya itu, ia juga menuturkan kebijakan tersebut juga sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 di Bangka Tengah.

"Pertama kami mengelurkan surat edaran untuk melakukan pembatasan 50 persen kunjungan di tempat wisata, tetapi karena kasus Covid-19 saat ini meningkat dan berada di zona oranye (zona risiko sedang penyebaran Covid-19), maka kita kembali mengeluarkan surat edaran kepada pihak pengelola tempat wisata di Bangka Tengah agar menutup sementara operasional selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 tertanggal 12 sampai dengan 16 Mei 2021,"  jelas Zainal kepada Bangkapos.com, Rabu (12/5/2021).

Menurutnya, surat edaran penutupan sementara operasional tempat wisata ini pun sudah disampaikan pihaknya kepada pengelola pariwisita di Bangka Tengah.

"Untuk surat edaran ini sendiri sudah ditandatangi langsung oleh Bupati Bangka Tengah dan kita juga sudah infokan ke pihak pengelolah tempat wisata ini. Seperti apa teknik di lapangannya kita sudah sebarkan kan juga, dan untuk pengawasan jugs sebagai antisipasi gugus tugas dengan aparat terkait, baik kepolisian dan lainnya juga ikut bergerak," ungkap Zainal.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengunjungi tempat wisata sementara waktu.

"Masyarakat kalau bisa karena suasana Covid saat ini tidak mengunjungi tempat wisata, karena virus ini ada dan nyata," ucapnya.

Pantai Terentang di Kabupaten Bangka Tengah
Pantai Terentang di Kabupaten Bangka Tengah (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Zainal meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhu protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Intinya protokol kesehatan tiga M, yakni mengunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ini sangat penting diterapkan saat keluar rumah," ajak Zainal.

Sementara itu dalam surat edaran tersebut disampaikan tiga poin penting, di antaranya penutupan operasional tempat wisata, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengadakan kegiatan perayaan Idul Fitri 1442 H yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa, dan melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan covid-19 selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H oleh pihak Pemkab Bangka Tengah bersama TNI dan Polri.

"Apabila ditemukan tidak memenuhi atau ketahuan melanggar surat edaran ini maka akan diberi sanksi secara tegas berdasarkan ketentuan yang berlaku," tegasnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved