Breaking News:

Berita Pangkalpinang

19 Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang Dapat Remisi Idul Fitri

Sebanyak 19 anak didik pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mendapatkan SK Remisi.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Ist/Humas LPKA Kelas II Pangkalpinang
Momen Idul Fitri 1442 H, sebanyak 19 anak didik pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang dapatkan SK Remisi usai pelaksanaan shalat Id Idul Fitri 1442 H di halaman LPKA Kota Pangkalpinang, Kamis (13/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Momen Idul Fitri 1442 Hijriyah, sebanyak 19 anak didik pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mendapatkan SK Remisi.

Penyerahan SK Remisi dilaksakan usai salat Idul Fitri 1442 H di halaman LPKA Kota Pangkalpinang, Kamis (13/5/2021).

SK Remisi tersebut dibacakan secara langsung oleh Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana.

Dalam sambutannya Nanang berharap anak-anak di LPKA Pangkalpinang bisa meraih keberkahan yang luar biasa, berubah menjadi lebih baik lagi kedepannya dan dapat menjalani pembinaan dengan maksimal.

"Remisi merupakan pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada Narapidana dan Anak yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan," ungkap Nanang dalam rilis kepada Bangkapos.com, Kamis (13/5/2021).

Nanang menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 03 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat, Anak berhak menerima remisi jika memenuhi beberapa persyaratan.

"Seperti berkelakuan baik yakni tidak sedang menjalani tindakan disiplin dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian Remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh LPKA dengan predikat baik," sebutnya.

Kemudian telah menjalani masa pidana lebih dari tiga bulan, dan belum berumur 18 (delapan belas) tahun.

Sementara itu, Remisi tidak diberikan kepada anak yang sedang menjalani Cuti Menjelang Bebas sedang menjalani latihan kerja sebagai pengganti pidana denda.

"Kemudian Pemberian Remisi dilaksanakan melalui sistem informasi pemasyarakatan, artinya semuanya mulai dari pengusulan data, persetujuan dan keputusan pemberian remisi bagi anak dilakukan melalui sistem informasi pemasyarakatan," ujarnya.

Nanang menegaskan bahwa semua proses kepengurusan remisi hingga adanya keputusan dilakukan secara transparan, akuntabel dan tidak dipungut biaya apapun (Gratis).

"Sebagai wujud pertanggungjawaban kami kepada masyarakat, informasi ini secara terus menerus disampaikan kepada masyarakat, sebab masyarakat wajib tahu tentang pembinaan di LPKA kelas II Pangkalpinang, seluruh layanan gratis tidak dipungut biaya apapun, guna menjaga Marwah zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Demi mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan good governance," tegas Nanang.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Seksi Registrasi dan Pengklasifikasian, Alkok Marya menuturkan, Remisi Idul Fitri Tahun ini diberikan kepada 19 orang Andikpas dengan besaran remisi yang diterima adalah 15 hari untuk masing-masing Andikpas.

Tak hanya itu, kata Alkok bersamaan dengan pemberian remisi ini, ada 2 Andikpas yang mendapat asimilasi di rumah. Asimilasi di rumah ini merupakan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di LPKA sesuai dengan amanat Permenkumham Nomor 32 tahun 2020.

"Alhamdulillah dari 24 Andikpas yang ada di LPKA, 19 Andikpas di antaranya memenuhi persyaratan sesuai Permenkumham Nomor 03 tahun 2018 dan 5 orang lainnya belum memenuhi persyaratan yang dimaksud," tutur Alkok.

"Alhamdulillah kami seneng hari ni, lebaran kali ini kami dapat remisi. Meskipun dak pacak ketemu kek keluarga lebaran kali ni, kami agik bersyukur diLPKA disediakan ruang Video Call. Biarpun tidak beretemu tapi kami tetap bisa menyapa dan silaturahmi kek keluarga," tambah Muhammad Tegar satu dianatra Andikpas.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved