Breaking News:

Covid-19 Kembali Melonjak, Malaysia Lockdown, Puluhan Ribu TKI Dipulangkan ke Indonesia

Puluhan ribu warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia dipastikan akan mudik ke tanah air.

TRIBUN BATAM/Argianto DA Nugroho
Ratusan Pekerja Migran Indonesia asal Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Senin (3/5). PMI asal Malaysia ini sementara akan menjalani karantina di Rusun Pemerintah Kota Batam sebelum dipulangkan kedaerah asal setelah dinyatakan bebas dari Covid-19. 

BANGKAPOS.COM, KUALA LUMPUR - Puluhan ribu warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia dipastikan akan mudik ke tanah air.

Kepulangan pekerja ini akibat lockdown atau perintah pengendalian pergerakan (MCO) secara nasional yang mulai diberlakukan di Malaysia pada Rabu (12/5/2021) hingga 7 Juni 2021.

Para pekerja itu dipulangkan ke Indonesia lantaran sebagian besar dari mereka kehilangan pekerjaan.

“Sebagian pekerja migran kita kehilangan mata pencaharian karena kondisi ekonomi yang menurun,” kata Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono saat diwawancara oleh Aiman Witjaksono dari Kompas.TV pada Selasa (11/5/2021).

“Sebagian pekerja kita juga kesulitan bekerja, karena tempat kerjanya ada yang harus melewati antar kabupaten atau antar wilayah," ujar dia menambahkan.

Lockdown yang diberlakukan di Malaysia kali ini terbilang lebih longgar dibandingkan lockdown pada tahun lalu.

Jika tahun lalu masyarakat tidak diperbolehkan keluar rumah dan pergi bekerja, kali ini, aktivitas ekonomi masih diperbolehkan dengan sejumlah pembatasan tertentu.

Larangan pergerakan melintas antar wilayah atau kabupaten, juga tidak diperbolehkan.

Namun, menurut Hermono, “Secara umum, sampai saat ini tidak ada kesulitan yang sifatnya seperti kesulitan mendapatkan bahan makanan,” terangnya menyoal kondisi para WNI dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Lebih lanjut Hermono memaparkan, sejak Januari hingga sekarang, tercatat sudah sekitar 44.000 TKI yang kembali ke tanah air.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved