Breaking News:

Berita Sungailiat

Dalam Rangka Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Polres Bangka Amankan Masjid dan Gereja

Polres Bangka melakukan pengamanan masjid dan gereja di Kabupaten Bangka, Kamis (13/5/2021). Pengamanan masjid dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan

istimewa
Personel Polres Bangka melaksanakan pengamanan di masjid dan gereja di Sungailiat, Kamis (13/5/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Polres Bangka melakukan pengamanan masjid dan gereja di Kabupaten Bangka, Kamis (13/5/2021). Pengamanan masjid dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Salat Ied Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sedangkan untuk gereja pengamanan dilaksanakan dalam rangka Kenaikkan Isa Almasih.

Dua hari besar bersamaan perayaanya ini merupakan siklus karena perbedaan tanggal masehi dan tanggalan hijriah, yang telah  terjadi pada Tahun 1791,1889,1987 dan 2021.

Terkait hal tersebut, Polres Bangka menyiapkan  personel mulai tingkat Polres  hingga Jajaran Polsek untuk mengamankan masjid dan gereja yang berada di Wilayah Hukum Polres Bangka.

"Pengamanan masjid dan Salat Ied serta pengamanan gereja untuk ibadah kenaikan Isa Almasih kita lakukan di seluruh mesjid dan gereja yang berada di Kabupaten Bangka," kata Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan, Kamis (13/5/2021).

Salat Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan oleh Umat Muslim yang dilaksanakan di mesjid kompleks halaman masing – masing karena masih Pandemi Covid-19. Ini bertepatan pada pelaksanaan Kenaikan Yesus Kristus atau Kenaikan Isa Almasih. Selain pengamanan masjid, Polres Bangka juga menerjunkan personelnya di setiap gereja yang ada di wilayah hukum Polres Bangka.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan unsur terkait tentang pengamanan Salat Idul Fitri dan Kenaikan Yesus Kristus untuk bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban di beberapa mesjid dan gereja agar pelaksanaannya dapat berjalan aman dan lancar," kata AKBP Widi Haryawan 

Di samping itu, pengamanan ini dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan umat beragama yang menjalankan ibadahnya guna menjaga stabilitas keamanan. Untuk pengamanan gereja sebelum pelaksanaan kegiatan kebaktian terlebih dahulu dilakukan sterilisasi di dalam dan sekitargereja–g ereja tersebut oleh petugas.

Dalam pelaksanaan kegiatan Polres Bangka mengedepankan protokoler kesehatan guna memutus mata rantai Penyebaran Covid-19 di Masa Pandemi Covid-19.

"Semua kegiatan keagamaan personel Polri siap melakukan pengamanan masyarakat tidak perlu khawatir terjadinya ancaman teror, anggota kami dilapangan mempunyai keahlian dan telah dilatih dalam mengatasi situasi seperti itu," kata Kapolres. (Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved