Breaking News:

Konsumsi Menu Lebaran yang Identik Berlemak, Ini 6 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat

Dokter Riza Jayanti mengatakan mengkonsumi menu sajian bersantan secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: El Tjandring
Ist/dr Riza Jayanti
Praktisi Kesehatan atau Dokter Umum, dr Riza Jayanti 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Makanan bersantan, manis, san berminyak kerap menjadi menu sajian pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Umum Praktek di Apotek K24 Pangkalpinang, dr Riza Jayanti mengatakan mengkonsumi menu sajian lebaran tersebut secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan.

"Kalau tak bisa mengendalikan konsumsi makanan-makanan ini saat lebaran, maka nantinya akan menimbulkan hiperkolesterolemia dan hiperglikemia," ujar dr Riza, Jumat (14/5/2021).

Sehingga dr Riza memberikan tips agar tubuh tetap sehat saat mengkonsumsi makanan menu khas lebaran meliputi :

1. Ganti makanan santan
Salah satu makanan yang sangat identik dengan hari Raya Idul Fitri adalah santan. Sulit sekali untuk menghindari santapan-santapan khas Lebaran seperti opor, rendang, gulai, dan lainnya.

Pasalnya makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang wajib menggunakan santan. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi.

Sebenarnya kolesterol punya manfaat yang baik tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Nah, dalam menyantap makanan bersantan dapat digantikan dengan produk santan yang lebih sehat misal bisa menggunakan produk multipurpose creamer.

Penggunaan creamer ini lebih sehat, tapi tetap memberikan rasa lezat dan gurih pada masakan. Jadi, dengan begitu bisa membatasi konsumsi makanan bersantan selama lebaran.

2. Kurangi Makanan Manis
Tips memilih makanan sehat untuk lebaran berikutnya adalah mengurangi makanan manis.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved