Breaking News:

Zhurong, Si Kapal Penjelajah China Pertama yang Berhasil Sampai Mars, Dilindungi Perisai Panas

kapal dengan enam roda bertenaga surya berhasil mendarat dan dalam misi memindai permukaan serta mengumpulkan batu dan data....

(Kredit gambar: CCTV / CNSA)
Konsep seniman yang menggambarkan misi penjelajah Mars pertama China, Tianwen-1, di Planet Mars. (Kredit gambar: CCTV / CNSA) 

Zhurong, Si Kapal Penjelajah China Pertama yang Berhasil Sampai Mars, Dilindungi Perisai Panas

BANGKAPOS.COM -- Negara berjuluk Tirai Bambu baru-baru ini dikabarkan berhasil mendaratkan kapal penjelajah pertamanya di Mars.

Adapun misi yang bernama Tianwen-1, merupakan misi antarplanet pertama Tiongkok, hingga berhasil mencapai permukaan Planet Mars pada Jumat (14/5/2021) sekitar pukul 19:11 waktu setempat.

Tianwen-1 tiba di orbit Mars pada Februari 2021 setelah diluncurkan ke Planet Merah tersebut dengan roket Long March 5 pada Juli 2020. 

Hal tersebut setelah mengitari Planet Mars selama lebih dari tiga bulan.

Dikutip dari space.com Zhurong, kapal dengan enam roda bertenaga surya berhasil mendarat dan dalam misi memindai permukaan serta mengumpulkan batu dan data.

Baca juga: Niat China Buat Senjata Perang Biologi Terbongkar, Kini Muncul Tudingan Curi Data Laut Indonesia

Diketahui, perisai panas melindungi pesawat ruang angkasa tersebut selama pendaratan.

Zhurong pun diterjunkan ke wilayah Utopia Planitia, dataran besar di Utopia, cekungan benturan terbesar yang pernah ada di Mars.

Sama seperti selama pendaratan rover Perseverance NASA, atau kapal penjelajah milik NASA yang juga berhasil mendarat di Mars, platform pendaratan Tianwen-1 menembakkan beberapa mesin roket kecil yang menghadap ke bawah untuk memperlambat selama beberapa detik terakhir penurunannya. 

Namun seperti diketahui Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) belum secara resmi mengonfirmasi keberhasilan pendaratan tersebut.

Halaman
12
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved