Breaking News:

Tribunners

Rising Stars di Tengah Pandemi Covid-19

Informasi dan komunikasi serta listrik, gas dan produksi es merupakan rising stars saat pandemi Covid-19 ini.

ISTIMEWA
Grafik 

Oleh: Yustina Ambarsari - Statistisi di BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

PANDEMI Covid-19 sudah melanda dunia selama kurang lebih satu tahun, tidak terkecuali di Bumi Serumpun Sebalai ini. Tatanan kehidupan, kebiasaan hidup, serta proses bisnis usaha mau tidak mau berubah agar bisa bertahan dalam pandemi ini. Adaptasi kebiasaan baru memaksa masyarakat untuk tidak banyak berinteraksi dengan orang lain secara langsung dan mengurangi mobilitas.

Adanya kebiasaan baru tersebut menarik lapangan usaha informasi dan komunikasi serta pengadaan listrik, gas, dan produksi es tumbuh positif di saat pandemi. Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada rilis pers, 5 Mei 2021, mencatat pada kuartal I 2021 pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha informasi dan komunikasi serta pengadaan listrik, gas, dan produksi es yang sebesar 13,36 persen dan 9,40 persen.

Tetap positif pertumbuhan di dua lapangan tersebut karena permintaan komoditas itu meningkat saat pandemi, baik permintaan antara ataupun permintaan akhir. Permintaan antara yaitu permintaan yang digunakan untuk usaha, sedangkan permintaan akhir merupakan permintaan yang digunakan untuk konsumsi (masyarakat, pemerintah).

Pada awal pandemi di Kepulauan Bangka Belitung yaitu pada kuartal kedua 2020, lapangan usaha informasi komunikasi tumbuh sangat signifikan yaitu 16,44 persen. Permintaan yang meningkat signifikan dari masyarakat, dan usaha yang digunakan sebagai permintaan akhir dan permintaan antara di saat diberlakukannya physical distancing pertama kali.

Anak sekolah melakukan study from home (SFH), pekerja kantoran melakukan work from home (WFH), kegiatan keagamaan dilakukan di rumah. Adapun usaha-usaha memerlukan komunikasi untuk memasarkan produk barang dan jasanya.

Seiring dengan diberlakukannya adaptasi kebiasan baru (new normal) dengan mengedepankan protokol kesehatan, memungkinkan masyarakat melakukan interaksi dengan jumlah yang dibatasi, pertumbuhan lapangan usaha informasi komunikasi ini mulai tumbuh melambat, hingga pada kuartal I 2021 tumbuh sebesar 13,36 persen.

Berbeda tren dengan informasi dan komunikasi, lapangan usaha pengadaan listrik, gas, dan produksi es pada awal pandemi, di kuartal kedua 2020, tumbuh positif sebesar 2,62 persen. Tumbuh positif di lapangan usaha ini didorong dari permintaan akhir dari masyarakat.

Masyarakat menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan pada awal pandemi di rumah saja sehingga kebutuhan akan listrik meningkat signifikan. Namun listrik sebagai permintaan akhir pada kegiatan sosial, pemerintah serta permintaan akhir usaha dan industri berkurang pada awal pandemi.

Seiring dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru (new normal) dan perbaikan ekonomi, kebutuhan listrik untuk permintaan antara di industri tumbuh positif. Pada kuartal pertama 2021 lapangan usaha pengadaan listrik, gas dan produksi es tumbuh sebesar 9,40 persen didorong dari permintaan akhir masyarakat dan permintaan antara dari industri.

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved