Breaking News:

Berita Bangka Barat

Arus Balik Mudik, Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Dipadati Penumpang Kapal Laut

Berakhirnya larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah dari pemerintah pusat, membuat Pelabuhan Tanjung Kalian.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Penumpang kapal mulai memadati Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Selasa (18/05/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berakhirnya larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah dari pemerintah pusat, membuat Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok mulai dipadati penumpang kapal, Selasa (18/05/2021).

Sebelumnya diketahui selama diberlakukannya larangan mudik 6-17 Mei 2021, untuk penumpang kapal baik dari Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api-api ataupun sebaliknya hanya dipenuhi dengan aktivitas angkutan logistik.

Satu diantara penumpang kapal yang baru tiba, Narti mengungkapkan kedatangannya bersama dua anggota keluarga sudah direncanakan jauh hari untuk mengantisipasi larangan mudik.

"Berangkat ke Palembang itu tanggal 3 kemarin, terus sekarang balik lagi ya ngehindar larangan mudik. Pengen mudik ya jadi ya gak apa-apa, pulang pergi lebih cepet dari pada enggak bisa pulang," ungkap Narti.

Terkait protokol kesehatan untuk mencegah terpaparnya covid-19, Narti mengungkapkan sudah menerapkan agar terhindar dari terkonfirmasi positif covid-19 baik dirinya ataupun keluarga.

"Mudik ini ada sempet takut kena covid-19, tapi pengen pulang karena tahun kemarin gak bisa pulang. Masker ya pake takut juga kalau kena, kan gak bisa ngapa-ngapain nanti," ucapnya.

Sementara itu penumpang lain, Amir mengungkapkan terkait tes kesehatan seperti rapid antigen masih dirasa memberatkan bagi para penumpang kapal.

"Pengen lah kalau bisa lebih murah ya bagus, kalau sekarang harga tes lebih mahal dari pada tiket kapal. Ini pakai kapal juga karena deket aja dari rumah, jadi pakai kapal kalau tinggal di Pangkalpinang mungkin udah pake pesawat," ungkap Amir.

Sementara itu rencananya di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok akan menerapkan alat tes GeNose sebagai alternatif pilihan calon penumpang untuk melakukan tes covid-19.

Namun hingga kini alat tes GeNose yang rencananya akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, hingga kini belum tersedia di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

"Belum ada pak, coba hari ini saya tanyakan ke tim satgas Covid-19 Kabupaten," ungkap General Manager PT. ASDP Muntok, Sugeng Purwono saat dihubungi melalui pesan singkat.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved