Breaking News:

Berita Bangka Barat

Cegah Banjir Kembali Berulang, Wakil Bupati Bangka Barat Akan Maksimalkan Kolong Retensi

Banjir setinggi lutut orang dewasa menggenangi Kampung Ulu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Kondisi Kampung Ulu, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat tang terendam banjir, Selasa (18/05/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banjir setinggi lutut orang dewasa menggenangi Kampung Ulu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat setelah diguyur hujan lebat sejak pukul 09.00 WIB, Selasa (18/05/2021).

Kondisi Kampung Ulu yang bersebelahan dengan Sungai Ulu membuat daerah tersebut kerap digenangi banjir, karena tidak adanya jalur keluar air akibat tingginya debit air sungai Ulu.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengungkapkan pihaknya akan mencari solusi termasuk memaksimalkan peran kolong retensi.

"Insya Allah berikutnya kita akan mengejar kolong retensi yang dari Provinsi insya Allah kita juga ke depan dengan kawan-kawan di kabupaten semua unsur lah, ada PUPR dan sebagainya sudah mempersiapkan planning berikutnya terutama untuk tahun 2022 mengatasi banjir," kata  Bong Ming Ming.

Tidak hanya kolong retensi, pihaknya juga akan melakukan pengecekan terhadap DAM, agar banjir tidak terus menerus terjadi.

"Pengecekan DAM apakah terjadi pendangkalan atau apa, padahal ini belum terjadi pasang tapi kondisi airnya sudah seperti ini. Itu yang akan kita pantau, makanya check dam yang paling atas akan kita pantau. Kita berharap semuanya baik, dan tidak terjadi banjir," ungkapnya.

Selain itu Bong Ming Ming juga memberikan perhatian khusus terhadap Menumbing, diketahui sebelumnya dua penambang sempat ditangkap karena melakukan aktivitas tambang ilegal di hutan Menumbing.

"Kita berharap banjir tidak terus terjadi dan objek vital penting yang harus kita jaga, itu bagaimana Menumbing harus dijaga supaya tidak terjadi banjir. Hal ini karena begitu Menumbing rusak, tidak ada penahanan air lagi jadi itu yang harus kita jaga," tegas Bong Ming Ming.

Sementara itu untuk kondisi banjir di Kampung Ulu, saat ini sudah berangsur surut seiring hujan yang telah reda. Bahkan beberapa warga yang rumahnya sempat terendam banjir pun, tampak sudah mulai membersihkan rumahnya.

Kerahkan Perahu Karet

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved